Jangan Harap Anak Sukses Kelak, Jika Tidak Memiliki 10 Kebiasaan Orang Sukses Ini

Family Talk
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com-Selain keberuntungan, memiliki kebiasaan baik adalah faktor penting lain yang membuat seorang pribadi menjadi sukses. Para ahli pengembangan karier mengidentifikasi, kurang lebih ada 10 kebiasaan yang sangat menonjol, dipraktikkan orang sukses dalam hidup sehari-hari.

Menurut para ahli tersebut, memiliki 10 kebiasaan tersebut seperti menjadi syarat yang sangat penting untuk menjadi sukses. Meskipun tidak mudah membiasakan perilaku baik menjadi kebiasaan namun harusnya dengan proses yang terbimbing, semua orang dapat memiliki kebiasaan baik tersebut.

Oleh karena itu, harusnya semua orang dapat sukses dalam kariernya jika dibimbing lebih dini dan terus menerus, sehingga memiliki kebiasaan baik. Hal yang sangat diperlukan yang menghantar anak untuk meraih kesuksesan.

Berikut ini 10 perilaku baik tersebut yang perlu dilakukan terus menerus, sehingga menjadi kebiasaan, sehingga pada saatnya menghantar anak menjadi sukses:

1.Kemampuan mengorganisasi

Pada dasarnya manusia hidup dalam keterbatasan. Misalnya dalam sehari semua orang cuma mempunyai 24 jam untuk melakukan dan mencapai banyak hal. Sementara daya tahan tubuh untuk bekerja terbatas.  Tubuh perlu istirahat, untuk memulihkan kekuatan.

Dalam keterbatasan tersebut, orang perlu menentukan tujuan dan menetapkan prioritas. Harus memilih untuk melakukan hal yang lebih prioritas. Oleh karena itu, diperlukan perencanaan yang baik setiap hari.

  1. Kemampuan mengambil tindakan

Selain kemampuan mengorganisasi, diperlukan keberanian untuk mengeksekusi apa yang direncanakan dalam tindakan. Orang suskses adalah orang yang bertindak dengan cepat dan konsisten. Kata James Clear, orang sukses bahkan bertindak sebelum sungguh merasa siap bertindak.

Hanya eksekusi dalam tindakanlah yang menjamin organisasi mendekati tujuan yang hendak dicapai. Tanpa tindakan yang konsisten tujuan hanyalah rumusan yang tidak bermanfaat.

  1. Kemampuan bersikap positif

Menurut para ahli pengembangan karier, kemampuan bersikap positif adalah hal lain yang perlu terus dilatih. Di antaranya menghargai orang lain, misalnya mendengarkan orang lain ketika berkomunikasi, tidak merendahkan. Minta tolong ketika membutuhkan orang lain, dan berterimakasih setelahnya.

Baca juga : Program Ayo Jadi Guru Dan Kisah Stephanie Arum, Dokter Yang Memutuskan Alih Profesi Menjadi Guru

Seringkali orang beranggapan bahwa bersikap positif adalah kebiasaan yang dimiliki setelah orang sukses, padahal justru sikap positiflah yang menjadi penyebab seorang menjadi sukses.

  1. Bangun pagi lebih awal

Semua orang sukses tidur lebih malam tetapi selalu bangun lebih pagi. Ini membuat mereka memiliki waktu lebih banyak untuk melakukan hal yang perlu mereka lakukan untuk mencapai tujuan mereka. Inilah yang membuat mereka semakin nyata meraih kesuksesan mereka.

  1. Memiliki Jaringan yang menunjang

Untuk memecahkan masalah, orang sukses memerlukan tukar pikiran dengan orang positif dalam jaringan mereka. Mereka juga mengetahui bahwa untuk sukses mereka memerlukan kolaborasi dan kerjasaama tim yang diperoleh ketika berada dalam jaringan.

Oleh karena itu bagi mereka berada dalam sebuah jaringan yang positif adalah kebutuhan untuk meraih sukses. Thomas Corley bahkan mengatakan bahwa 79 persen orang sukses menghabiskan 5 jam waktu mereka dalam sebulan untuk berada dalam jaringan.

  1. Kemampuan berhemat

Bagi mereka hemat tidak sama dengan pelit. Berhemat adalah kebiasaan menghindari pemborosan uang dan sumber daya untuk mencapai efisiensi. Mereka menghindari pengeluaran yang berlebih dengan bernegosiasi dalam belanja.  Hasilnya mereka dapat menekan pengeluaran.

Melalui kemapuan berhemat mereka menabung lebih banyak dan mencapai kesuksesan finansial.

  1. Berbagi

Dengan meraih kesuksesan finansial, mereka kemudian terlibat dalam kegiatan amal yang lebih bermanfaat bagi kaum miskin dan yang lebih membutuhkan. Pada umumnya mereka percaya bahwa kesuksesan harus menghasilkan sesuatu yang lebih dari sekedar akumulasi kekayaan untuk diri sendiri.

Inilah yang mendorong orang sukses seperti Bill Gates, Mark Zuckerberg dan Oprah Winfrey untuk terlibat dalam berbagai kegiatan amal di seluruh dunia.

  1. Membaca

Kebiasaan membaca ternyata menjadi kebiasaan yang melekat pada banyak orang sukses. Selain sebagai kesenangan, bagi mereka kebiasaan membaca juga merupakan sarana untuk mendapatkan wawasan dan inspirasi baru untuk bertindak lebih baik dalam pekerjaan mereka.

Baca juga : Anak Ini Dipaksa Belajar Ibunya Tanpa Istirahat, Hingga Mengalami Nasib Naas Ini

Inilah yang dilakukan oleh orang sukses seperti Bill Gates atau Mark Zukerberg. Bill Gates misalnya membaca 50 judul buku dalam 1 tahun. Itu berarti dalam 1 bulan ia membaca 4 sampai 5 judul buku. Sedangkan Mark Zukerberg membaca 2 judul buku selama sebulan.

  1. Perawatan pribadi

Meskipun mereka sangat memprioritaskan penggunaan waktu mereka untuk bekerja, namun orang sukses sangat peduli pada kesehatan mereka. Oleh karena itu diet, olah raga dan upaya menjaga kebersihan diri, adalah daftar kegiatan rutin mereka.

Bagi mereka perawatan pribadi menjadi kegiatan yang diupayakan dengan sangat disiplin bahkan menjadi gaya hidup. Orang seperti Elon Musk misalnya mengatakan bahwa mandi adalah kegiatan yang wajib ia lakukan karena ia mendapat manfaat positif dari aktivitas mandi.

  1. Istirahat dan relaksasi

Dalam kepadatan jadwal kerja mereka, istirahat dan relaksasi adalah kebiasaan yang mereka upayakan karena dari sana mereka menjadi lebih fresh untuk kemudian lebih fokus mengerjakan pekerjaan mereka.

Bagi mereka istirahat dalam pengertian tertidur bukan lamanya melainkan nyenyaknya. Kadang-kadang meskipun tertidur sebentar, bahkan sambil duduk, asal nyenyak dapat me-refresh dan menambah tenaga untuk melanjutkan pekerjaan mereka.

Kadang pula, karena tidak memiliki waktu untuk tidur, mereka mengupayakan istirahat dengan relaksasi. Hal yang lebih mudah mereka lakukan dalam kesibukan mereka misalnya, dengan bermeditasi; berkonsentrasi pada pernafasan sendiri, menarik nafas selama tiga sampai lima menit.

Itulah 10 kemampuan positif yang karena diulang-ulang, maka menjadi kebiasaan baik. Orang sukses memiliki banyak kebiasaan baik yang berkontribusi pada kesuksesan mereka. Jika ingin anak sukses, orang tua harus menumbuhkan kemampuan baik, hingga menjadi kebiasaan.

Kebiasaan baik tersebutlah yang akan menjadi faktor penting yang menghantar anak meraih sukses dalam karirnya. 

Foto: IntiPesan.com

5 3 votes
Article Rating
Sebarkan Artikel Ini:
Subscribe
Notify of
guest
2 Comments
oldest
newest most voted
Inline Feedbacks
View all comments
trackback

[…] Baca juga : Jangan Harap Anak Sukses Kelak, Jika Tidak Memiliki 10 Kebiasaan Orang Sukses Ini […]

Sipri Peren
1 year ago

Minta tolong komenya berkaitan dengan artikel ya. Jangan berupa lingk seperti ini ya. Minta tolong orang yang melakukan ini dihentikan ya.