Alumni 10 Universitas Ini Paling Banyak Lulus Seleksi CPNS

EDU Talk
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com-Hingga kini minat lulusan perguruan tinggi menjadi Pegawai Negeri Sipil tetap tinggi, meskipun lowongan yang tersedia di instansi pemerintah selalu terbatas.

Ini terlihat dari pendaftaran peserta tes menjadi Pegawai negeri Sipil setiap tahun angkanya selalu jutaan orang, padahal jumlah kuota yang tersedia secara nasional hanya ratusan ribu orang.

Misalnya dari data seleksi tahun 2019 lalu, yang dilansir oleh Badan Kepegawaian Negara(BKN), pendaftar peserta tes seleksinya sebanyak 1.058.000 orang di seluruh di Indonesia.

Sementara lowongan yang tersedia pada tahun tersebut sebanyak 150.371. Setelah proses seleksi berlangsung, jumlah yang memenuhi syarat untuk direkrut menjadi Pegawai Negeri sipil adalah 138.791 orang.

Ini menunukkan bahwa lowongan masih tersedia yang belum terisi berjumlah 11.580  lowongan, karena peserta tes yang memenuhi persyaratan hanya 138.791 orang.

Data ini menggambarkan selain terjadi persaingan yang sangat ketat dan kompetitif, tidak semua peserta yang notabene lulusan S1 memenuhi persyaratan.

Baca juga : Taliban Berkuasa, Tapi Tidak Bertindak Ketika Rakyat Afganistan Kelaparan

Data ini diharapkan menjadi masukan bagi perguruan tinggi baik negeri maupun swasta untuk memperbaiki proses pendidikan dan pengajarannya, sehingga mutu lulusannya lebih sesuai dengan standar rekrutmen, misalnya rekrutmen menjadi PNS.

Selain itu, yang menarik dari data tersebut, Badan Kepegawaian Negara (BKN) juga merilis data tentang asal universitas yang alumninya paling banyak lulus seleksi CPNS tahun 2019 tersebut.

Tentang asal universitas ini, ada dua hal yang mengemuka. Pertama, bahwa universitas di Jawa masih mendominasi lululsan CPNS tahun tersebut.

Ini dapat dibaca sebagai kesenjangan mutu antara perguruan tinggi di Jawa dan di luar Jawa masih sangat lebar. Oleh karena itu, perlu menjadi perhatian pihak terkait.

Kedua, BKN juga menyebut, 10 univeritas yang alumninya paling banyak lulus dalam proses seleksi tahun tersebut. Di antaranya, seluruhnya adalah universitas negeri.

Baca juga : Menyusul, Taliban Melarang Perempuan Afghanistan Kuliah Di Universitas

Berikut ini 10 universitas negeri tersebut. Data ini juga menggambarkan kecenderungan setiap tahun:

  1. Universias Terbuka (UT)
  2. Universitas Gajah Mada (UGM)
  3. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)
  4. Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta
  5. Universitas Negeri Semarang (UNES)
  6. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)
  7. Universitas Diponegoro (Undip)
  8. Univeristas Negeri Makasar (UNM)
  9. Universitas Sumatera Utara (USU)
  10. Universitas Sriwijaya (Unsri).

Hingga saat ini, jadwal seleksi PNS tahun 2022 belum juga diumumkan. Oleh karena itu dapat dipastikan jadwal tes PNS baru akan muncul lagi tahun yang akan datang.

Dan dapat dipastikan jumlah lowongan yang tersedia pasti lebih sedikit, karena saat ini banyak posisi tidak lagi diperlukan, karena job tersebut sudah diambil alih oleh robot pintar.

Semoga informasi ini bermanfaat. Selamat menyiapkan diri menyongsong tes seleksi CPNS tahun yang akan datang.

Foto:okezone ekonomi

5 1 vote
Article Rating
Sebarkan Artikel Ini:
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
oldest
newest most voted
Inline Feedbacks
View all comments
trackback

[…] Baca juga : Alumni 10 Universitas Ini Paling Banyak Lulus Seleksi CPNS […]