Corporate Planner, Profesi Baru, Peluang Baru yang Perlu Eduers Kenali

Bimbingan
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com – Depoedu edisi 20 Mei 2018 pernah menurunkan artikel tentang hadirnya profesi-profesi baru, lataran berkembangnya dunia bisnis. Hadirnya profesi baru adalah peluang baru bagi angkatan kerja. Angkatan kerja yang dapat merebut peluangtersebut adalah anak muda yang memiliki skill dan pengetahuan yang sesuai dengan tuntutan profesi baru tersebut. Sementara, pemilikan skill dan pengetahuan adalah akumulasi dari hasil belajar, bahkan untuk waktu yang panjang.

Penyiapan karir yang efektif hanya dapat dilakukan jika pihak terkait seperti pendidik, orang tua, dan anak muda mengenal dengan baik profesi-profesi baru tersebut. Tulisan ini hendak memperkenalkan Corporate Planner, sebagai salah satu profesi yang masih baru. Informasi ini diharapkan menjadi salah satu acuan untuk menyiapkan karir, bagi anak muda maupun pendidik.

Mengenal Profesi Corporate Planner

Corporate Planner merupakan profesi yang dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan besar. Mereka bertugas menjalankan fungsi perencanaan di dalam perusahaan, meliputi perencanaan strategis, berkaitan dengan mengarahkan bisnis pada cakupan yang lebih luas. Mereka juga melakukan perencanaan bisnis, misalnya menentukan tindakan yang akan diambil, seperti merencanakan dan melakukan merger, akuisisi, strukturisasi, dan lain-lain, termasuk menyikapi competitor. Fungsi perencanaan lain yang mereka gerakkan adalah perencanaan operasional. Ini mencakup menentukan detail yang akan dilakukan untuk mencapai target perusahaan. Pekerjaan mereka sehari-hari adalah presenting initial studybuilding valuationfeasibility studyassisting team legal pada saat drafting transaction documents.

Kompetensi dan Jenjang Karir

Seorang Corporate Planner sebaiknya memiliki pemahaman mendalam akan ilmu Corporate FinanceCorporate Strategy dan Business Strategy. Ini merupakan persyaratan standar untuk menjadi analis pemula di divisi ini. Selain itu, karena pada posisi ini mereka harus berinteraksi sangat aktif dengan banyak pihak seperti board directorbanker, dan regulator, maka kemampuan komunikasi dan kerja tim, sangat perlu mereka kuasai.

Jenjang karir profesi ini sangat terbuka karena mereka memiliki kesempatan sangat luas untuk terekspose kepada senior management. Hal ini sangat memperluas pilihan karir bagi mereka. Selain itu, pada posisi ini mereka menjalani proses belajar yang sangat komprehensif, maka kesempatan promosi bagi mereka sangat luas.

Prospek dan Masa Depan

Peluang kerja sebagai Corporate Planner tersedia sangat luas karena fungsi Corporate Planner ada pada semua jenis industri, baik di bidang infrastruktur, manufactur, asuransi, perbankan, media, bahkan pendidikan. Singkatnya, semua perusahaan membutuhkan profesi corporate planner.

Jika peluangnya tersedia melimpah, tinggal kompetensinya yang memuat skill dan pengetahuan di dalamnya. Dan itu memerlukan persiapan yang panjang. Sedangkan masa depan Anda pada profesi apapun, tergantung pada kinerja dan prestasi Anda pada profesi tersebut. (Foto: teologyofbisniss.com)

*(Artikel ini ditulis ulang berdasarkan buku Catch Your Dreams, Career Prospect Guideline in Business and Beyond, p.40-41)

Sebarkan Artikel Ini:

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of