Siswa SD Tarakanita 4 Mendapat Penghargaan Best Spirit Team & Best Mission Team dalam “Make-X Robotic Competition di Thailand

Info Sekolah
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com-Siswa SD Tarakanita 4 Pluit Jakarta Utara, mendapat penghargaan Best Spirit dan Best Mission Team dalam lomba Make-X Robotic Competition International di Thailand, yang terselenggara pada tanggal 24-28 November 2022.

Peserta yang ikut dalam kompetisi internasional ini terdiri dari Thailand sebagai tuan rumah, Indonesia, Filipina, India, China, UEA, Mesir, dan Mexico.

Pencapaian yang luar biasa diraih oleh beberapa peserta didik SD Tarakanita 4 yang terdiri dari 2 tim, yaitu tim tarpat 01 oleh Kevin Imanuel Haloho (kelas 4 SD) dan Kenzo Ronaldo Hastomo (kelas 4 SD) lalu di tim tarpat 02 ada Dominic Uriel Taneli (kelas 5 SD) dan Cordelia Grace Lim (kelas 5 SD).

Pencapaian tersebut tentunya membutuhkan persiapan dan daya juang yang tinggi. Peran orang tua, guru pendamping dan mentor juga sangat penting dalam hal ini, karena mereka ikut menemani putra-putrinya saat kompetisi berlangsung.

Baca juga : Diperlukan Intensitas Belajar Untuk Mencapai Prestasi Belajar

Setiap tahun, kompetisi MakeX mengangkat tema yang berhubungan dengan sustainability/keberlanjutan. Di tahun kelima ini, tema yang diangkat adalah zero carbon. Turun sebagai starter  mereka bersaing dengan 72 tim.

Tim tarpat 02 berhasil mendapat peringkat ke 31, sedangkan tim tarpat 01 menduduki peringkat 39. Peringkat 1-36 berhak  melanjutkan kompetisi ke tahap final dengan berproses bersama tim dari negara lain.

Meskipun belum berhasil memperoleh juara, namun di babak final tim tarpat 02 menduduki peringkat 18 dan mendapat penghargaan sebagai Best Spirit Team. Sedangkan tarpat 01 mendapat penghargaan sebagai Best Mission Team.

Mereka berpartisipasi dalam kompetisi internasional ini karena mereka mengikuti kegiatan ekstrakurikuler robotic yang diadakan di sekolah.  Di mana pihak sekolah bekerjasama dengan Optima. Ekstrakurikuler robotic ini sendiri diadakan setiap hari Jumat.

suasana lomba

Make-X Robotic Competition merupakan agenda kompetisi tahunan yang telah dimulai sejak 2017. Sebagai informasi, Makeblock merupakan perusahaan teknologi yang mengembangkan produk dan software edukasi.

Software edukasi tersebut berbasis Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics (STEAM), berkantor pusat di China. Sedangkan kantor di Indonesia terletak di gedung Amanyak Pluit.

Sebuah proses dan pengalaman yang luar biasa bagi Tim Siswa SD Tarakanita 4 Pluit bisa berkompetisi di kancah International. Semoga pencapaian ini membuat semangat anak-anak hebat ini terus belajar dan mengembangkan diri untuk maju dan terus maju.

5 4 votes
Article Rating
Sebarkan Artikel Ini:
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
oldest
newest most voted
Inline Feedbacks
View all comments
trackback

[…] Baca juga : Siswa SD Tarakanita 4 Mendapat Penghargaan Best Spirit Team & Best Mission Team Dalam “Make-X … […]