Latihan Dasar Kepemimpinan SD Yuwati Bhakti Sukabumi; Aku Pribadi yang Totalitas

Info Sekolah
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com-Hari Kamis, 9 Juni 2022 ada kegiatan khusus bagi peserta didik kelas VI SD Yuwati Bhakti Sukabumi yaitu Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK). Kegiatan ini dilaksanakan di Rumah Retret “Griya Angela”, milik Komunitas Ursulin Sukabumi yang terletak di Jalan Kenari No. 02 Kota Sukabumi.

Tepatnya di sebelah kompleks Sekolah Yuwati Bhakti Sukabumi. Kami berangkat bersama-sama didampingi wali kelas kami yaitu Ibu Dhita dan Ibu Devi serta Bapak Aji, guru Bahasa Mandarin.

Memasuki pelataran rumah retret “Griya Angela”, kami merasakan suasana yang sunyi, asri, nyaman, dan bahagia menyaksikan pemandangan yang indah. Serasa berada di padang rumput yang segar dengan udara yang jernih.

Kuhirup udara pagi yang sejuk sekali. Sungguh, pagi ini kami merasakan sesuatu yang berbeda dari biasanya. Kami pun berjalan sambil menyaksikan keindahan taman menuju ruang pertemuan.

Di sana, Bapak Kamil Inglan yang akan mendampingi kami telah menunggu dengan senyum penuh semangat.

Acara dibuka dengan doa yang dipimpin oleh teman kami bernama Alfin. Setelah doa, Bapak Kamil menjelaskan tema kegiatan hari ini yaitu “Aku Pribadi yang Totalitas”.  Sebelum berlanjut, Bapak Kamil memberikan permainan dengan hadiah Rp 100 ribu bagi yang menang.

Tentu saja kami bersemangat sekali. Namun, sebelum mulai permainan Bapak Kamil memperkenalkan diri terlebih dulu. Kami pun menyaksikan video perkenalan dari Bapak Kamil.

Baca juga : Pendidikan Berkualitas Melalui Pemanfaatan IT

Dari video tersebut, kami dapat melihat, ternyata Bapak Kamil juga merupakan seorang yang senang menjelajahi negara-negara di dunia (Dream Catcher). Beliau telah mengunjungi beberapa negara, salah satunya Mesir.

Setelah menyaksikan perkenalan dari Pak Kamil, beliau mengajak kami bermain seperti yang telah dijanjikan. Nama permainannya “Guru Berkata”. Permainan dimulai dengan membagi peserta didik menjadi 11 kelompok.

Bapak Kamil pun membuat peraturan dalam permainan ini, yaitu jika beliau mengawali dengan ucapan “Guru Berkata”, kami harus melakukan apa yang diucapkan. Jika tidak, kami diam saja karena jika melakukan sesuatu yang diucapkannya tanpa ada ucapan “Guru Berkata, kami akan kalah.

Ternyata tidak mudah dan kami semua kalah. Permainan ini mengajarkan kepada kami untuk fokus pada satu tujuan dan total dalam melakukan satu kegiatan atau pekerjaan supaya hasilnya memuaskan.

Setelah bermain, Pak Kamil memberi kami motivasi agar bersemangat setiap saat dengan yel-yel “Semangat Pagi”. Selanjutnya, kami diajak merenung sejenak dengan menuliskan arti dan ciri-ciri pemimpin yang baik menurut kami masing-masing.

Setelah itu, kami diajak bertamasya pendidikan, yaitu tiap kelompok meletakkan kertas yang telah kami tulis tadi di tempat yang berbeda. Kami pun bertamasya mengelilingi tulisan-tulisan tersebut dan membacanya.

Baca juga : Segera Dibuka Pendaftaran Beasiswa LPDP Tahap II. Ini Jadwal Dan Syarat Pendaftaran

Setelah selesai bertamasya pendidikan, kami diminta untuk menulis minimal 20 ciri pemimpin yang baik.

Kegiatan berikutnya, tiap anak diberi 5 sedotan dan harus kami susun hingga menjadi panjang. Setelah panjang, kami harus meletakkan sedotan panjang tersebut di satu jari (jari telunjuk).

Kami harus menjaga keseimbangan dengan jari telunjuk tersebut agar sedotan tidak jatuh. Ternyata, hampir semua anak menjatuhkan sedotan panjang itu, termasuk saya.

Karena tak satu pun dari kami berhasil, Bapak Kamil memberikan teknik supaya sedotan tersebut tidak mudah jatuh. Kami mempraktikkannya dan benar, kami bisa menjaga keseimbangan. Meskipun jatuh juga, tapi agak lama berada di jari telunjuk kami.

Wow, seru sekali. Dari permainan ini, kami belajar menjaga keseimbangan, baik tubuh maupun pikiran. Jika kami dapat menyeimbangkan tubuh dan pikiran, kami pasti dapat meyelesaikan pekerjaan meskipun sulit.

Setelah selesai dinamika, kami mendengarkan sedikit kesimpulan dari seluruh kegiatan hari ini dari Bapak Kamil. Tak terasa, waktu telah menunjukkan pukul 11.45. Kegiatan pun ditutup dengan doa oleh teman kami bernama Rosi.

Jonas Revanno Wijaya – murid kelas VI SD Yuwati Bhakti Sukabumi

Meskipun singkat, kami memperoleh banyak hal melalui kegiatan LDK ini. Kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Kamil Inglan yang telah memberikan waktunya secara total kepada kami untuk menikmati hari yang seru pada kegiatan LDK ini.

Terima kasih juga kepada Kepala Sekolah kami, Sr. Agustina Dede Mite, OSU, Ibu Devi, Ibu Dhita, Bapak Aji, dan teman-teman kelas VI SD Yuwati Bhakti Sukabumi. Tuhan memberkati. Salam Serviam.

Diedit oleh Agnes Tri Maryunani, S.Pd.

Penulis adalah peserta didik kelas VI SD Yuwati Bhakti

4 1 vote
Article Rating
Sebarkan Artikel Ini:
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments