Empat Cara Menumbuhkan Sikap Rendah Hati pada Anak

Family Talk
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com – Karakter bangsa merupakan aspek penting dari sumber daya manusia (SDM), karena kualitas karakter kemajuan bangsa.  Karakter yang berkualitas perlu dibentuk dan dibina sejak usia dini.

Kelompok anak usia dini merupakan kelompok yang sangat strategis dan efektif dalam pembinaan dan pembentukan karakter, hal ini harus menjadi kesadaran kolektif dari seluruh elemen bangsa ini.

Anak-anak adalah agen perubahan, maka dari itu penting untuk menanamkan nilai moral yang baik sejak dini. Salah satu pembelajaran moral yang penting diberikan pada anak adalah sikap rendah hati.

Tidak hanya penting, nyatanya hal ini akan sangat penting dan bisa membantu anak dalam menjalani kehidupan sosialnya kelak. Rendah adalah salah satu sifat terpuji yang ditandai dengan sikap sederhana, sopan, tidak sombong, dan tidak meninggikan dirinya di hadapan orang lain.

Baca Juga: Urgensi Literasi Bagi Anak Usia Dini

Berbeda dengan rendah diri, sikap rendah hati cenderung membawa pelakunya ke arah yang positif.

Sikap rendah hati merupakan sikap seseorang yang tidak sombong meski sebenarnya memiliki kemampuan berlebih, menempatkan orang lain berharga seperti dirinya, mau berpikir terbuka dan menerima masukan.

Lebih jauh rendah hati juga merupakan sikap mau menerima, bersyukur, mau mendengarkan pendapat orang lain, dan memahami bahwa kebanggaan diri merupakan suatu hal yang berbeda dibanding dengan kepercayaan diri.

Di tengah maraknya media sosial dan aneka ragam konflik yang terjadi beberapa tahun belakangan ini, tugas orangtua tentu lebih berat. Apalagi dalam pengembangan anak. Salah sikap yang perlu adalah belajar kerendahan hati.

Empat Cara Menumbuhkan Sikap Rendah Hati

  1. Mencontohkan Sikap Rendah Hati Pada Anak

Harus kamu ketahui, bahwa perilaku anak merupakan cerminan dari perilaku orangtuanya. Oleh karena itu, orangtua harus mencontohkan sikap rendah hati dalam kehidupan sehari-hari.

Berikan contoh bagi mereka untuk dikuti. Anak-anak cenderung meniru perilaku orang tuanya. Jika orang tua ingin mereka untuk berperilaku sesuai dengan keinginan orang tua, maka orang tua harus mencontohkannya.

Misalnya, membuang sampah di tempat sampah atau makan mengunyah dengan perlahan. Anak Anda secara otomatis akan belajar dan mengikuti kebiasaan tersebut.

  1. Buat kalender rendah hati

Anak-anak membutuhkan pengingat harian untuk mengembangkan karakternya. Buatlah kalender rendah hati untuk mencatat apa yang sudah dilakukan anak hari ini. Orang tua bisa menggunakan kalender bekas atau kalender bagian belakang yang kosong.

Selanjutnya, beri judul di atas kalender tersebut, “Aku bisa rendah hati hari ini.” Orang tua membantu si kecil untuk mengisinya setiap hari dengan menuliskan contoh perilaku rendah hati yang ia lakukan pada hari itu.

Baca Juga: Ini 7 Sekolah Pilot di Indonesia, Berapa Biayanya?

  1. Ajarkan Sopan Santun

Cara seseorang untuk menanggapi dan menghargai orang lain juga menunjukkan sikap rendah hati.  Orang tua perlu mengajarkan anak untuk mengucapkan kata “tolong” ketika ia membutuhkan sesuatu.

Anak perlu diajarkan untuk mengucap “terima kasih” setelah menerima atau mendapatkan sesuatu. Jangan lupa, hal yang sama juga berlaku ketika orang tua meminta bantuan kepadanya.

Ucapkan “terima kasih” atas jerih payah yang ia lakukan dan kata “tolong” ketika orang tua memintanya melakukan sesuatu.

  1. Mengajarkan meminta maaf

Salah satu sikap baik yang bisa ditanamkan oleh orang tua sejak dini adalah meminta maaf. Sikap ini bisa menanamkan jiwa ksatria dalam diri anak yang bermanfaat dalam kehidupannya kelak.

Mengajarkan meminta maaf pada dasarnya adalah “pagar” yang dapat membatasi dan menyadarkan anak bahwa tidak semua hal dapat dilakukan sesuka hati.

Baca Juga: Pentingnya Empat Kebutuhan Dasar Bagi Anak Usia Dini

Bukan cuma itu, akan jauh lebih baik lagi bila anak bisa memahami makna mendalam dibalik kata “maaf” yang diutarakan.

Sebenarnya hal yang normal apabila anak sulit melontarkan kata maaf. Meski begitu, Anda tetap perlu melatihnya karena mengajarkan anak meminta maaf memiliki manfaat tersendiri.

Foto: popmama.com

0 0 votes
Article Rating
Sebarkan Artikel Ini:
Subscribe
Notify of
guest
2 Comments
oldest
newest most voted
Inline Feedbacks
View all comments
trackback

[…] Baca Juga: Empat Cara Menumbuhkan Sikap Rendah Hati Pada Anak […]

trackback

[…] Baca juga : Empat Cara Menumbuhkan Sikap Rendah Hati Pada Anak […]