Mengenal 10 PTS Indonesia Terbaik 2022 Versi Webometrics

EDU Talk
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com-Webometrics merupakan situs pemeringkatan akademik terbesar dari Institusi Pendidikan Tinggi. Adapun untuk penilaian  ini dibangun dari data web yang tersedia untuk umum, menggabungkan variabel menjadi indikator komposit, dan dengan cakupan global yang sebenarnya.

Webometrics Ranking of World Universities atau yang juga dikenal sebagai Ranking Web of Universities adalah sistem peringkat untuk universitas-universitas di dunia berdasarkan indikator komposit yang memperhitungkan volume konten web (jumlah halaman web dan file).

Situs pemeringkatan universitas dunia, Webometrics, baru-baru ini merilis daftar perguruan tinggi swasta (PTS) terbaik Indonesia edisi Januari 2022. Dalam pemeringkatan kali ini, Telkom University masih menempati posisi teratas seperti tahun sebelumnya.

Baca Juga : Kegiatan Konsolidasi SMP Kolese Kanisius Jakarta

Perangkingan yang dilakukan Webometrics sendiri diinisiasi oleh Lab Cybermetrics yang telah mengembangkan studi kuantitatif di web akademik sejak pertengahan tahun 90-an.

Dalam melakukan penilaian dan menentukan ranking sebuah perguruan tinggi, Webometrics menggunakan empat indikator utama, yaitu:

  1. Presence, yang dinilai berdasarkan laman web dan laman dinamik perguruan tinggi terkait, yang tertangkap oleh mesin pencarian Google.
  2. Impact, yang dinilai berdasarkan jumlah tautan eksternal (backlink) yang diterima domain web perguruan tinggi (inlinks), yang tertangkap oleh mesin pencarian Google.
  3. Openness, yang dinilai berdasarkan jumlah file dokumen daring dalam domain website perguruan tinggi yang tertangkap oleh mesin pencarian Google.
  4. Excellence, yang dinilai berdasarkan jumlah paper ilmiah yang dipublikasikan dan terindeks di Google Scholar dan Scimago Institution Ranking.

Pada edisi kali ini, Telkom University masih menempati peringkat pertama seperti edisi sebelumnya. Kemudian, diikuti dengan Universitas Bina Nusantara atau Binus University. Berikut 10 PTS terbaik versi Webometrics edisi Januari 2022:

  1. Telkom University – Peringkat dunia: 1.417
  2. Binus University – Peringkat dunia: 1.949
  3. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) – Peringkat dunia: 2.232
  4. Universitas Islam Indonesia (UII) – Peringkat dunia: 2.270
  5. Universitas Gunadarma – Peringkat dunia: 2.689
  6. Universitas Kristen Satya Wacana – Peringkat dunia: 2.898
  7. Universitas Narotama Surabaya – Peringkat dunia: 3.185
  8. Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) – Peringkat dunia: 3.396
  9. Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) – Peringkat dunia: 3.417
  10. Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta

Baca Juga : Ini Dua Cara Mudah Mendaftar Vaksinasi Booster Covid-19

Pemberian ranking sebagai bentuk akuntabilitas

Baik pemerintah maupun masyarakat sebagai penyokong sekaligus pengguna pendidikan tinggi tentunya ingin mengetahui kualitas dari perguruan tinggi. Ranking dianggap sebagai cara yang efektif untuk memenuhi tuntutan ini.

Ranking bisa menjadi rujukan pemerintah dalam pengambilan kebijakan khususnya dalam penentuan program dan pengalokasian dana untuk pendidikan tinggi. Juga, bisa digunakan oleh masyarakat untuk menentukan pilihan perguruan tinggi yang terbaik untuk putra-putrinya.

Foto:kalderanews.com

0 0 votes
Article Rating
Sebarkan Artikel Ini:
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
oldest
newest most voted
Inline Feedbacks
View all comments
trackback

[…] Baca Juga : Mengenal 10 PTS Indonesia Terbaik 2022 Versi Webometrics […]