Nasihat Bernas dari Elon Musk bagi Pelajar dan Mahasiswa Jika Ingin Sukses

DEPO Topik
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com-Elon Musk adalah sosok utama dan sangat penting di balik suksesnya inovasi mobil listrik Tesla, Space-X, Giga Factory, Solar-City, Artificial Inteligence melalui Neurolink, dan gagasan tentang sarana komuter yang memiliki kecepatan melampaui pesawat terbang, Hiperloop.

Ia memiliki impian-impian ambisius yang oleh banyak orang, dianggap mustahil untuk diwujudkan. Namun berkat kerja keras luar biasa bersama tim insinyurnya, ia terus mendorong inovasi tersebut sehingga satu persatu obsesi tersebut mendekati kenyataan.

Kini Elon Musk telah menjadi salah satu orang terkaya di dunia berkat inovasi-inovasi tersebut. Tesla, mobil listrik yang ia produksi kini telah melintasi jalanan di seluruh dunia termasuk kota-kota besar di Indonesia.

Inovator dengan reputasi hebat seperti Elon Musk tentu saja memiliki pengalaman yang sangat kaya, tetapi juga banyak keprihatinan di tengah dunia yang terus berubah. Maka, pesannya dalam berbagai kesempatan, menjadi penting dan perlu disimak.

Baru-baru ini dalam podcast percakapan dengan Lex Fridnman, Elon Musk diminta memberi nasihat dan tips bagi anak sekolah dan mahasiswa agar mereka dapat memberi dampak positif kepada dunia. Elon Musk memberi nasihat dan tips berikut, seperti dilansir pada laman detikinet.

  1. Menjadi berguna

Menurut Elon Musk, untuk menjadi sosok yang bermanfaat, anak muda harus melakukan sesuatu yang berguna, bagi sesama manusia dan bagi dunia. Meskipun menurutnya sangat sulit untuk terus bertahan menjadi orang yang berguna.

Baca Juga : Ini Hal Baru Dan Jadwal Penting Yang Perlu Diketahui Murid Kelas XII Tentang SBMPTN

Hanya dengan begitu kehidupan kita menjadi kehidupan yang bermanfaat. Dan hanya dengan kehidupan yang bermanfaatlah seorang menjalani kehidupan yang layak. Dan itu sepenuhnya merupakan pilihan pribadi. Anak muda harus terus memilih pilihan yang bermanfaat.

  1. Berkontribusi lebih banyak

Nasihat kedua yang ia sampaikan adalah seorang muda harus memberi kontribusi lebih banyak kepada lingkungan sekitarnya, ketimbang apa yang mereka peroleh dari lingkungannya.

“Orang muda harus memberi kontribusi yang positif kepada masyarakatnya. Jika ingin sukses, itu harus menjadi visi setiap anak muda,” ucap Elon Musk.

  1. Banyak Membaca

Tips sukses lain yang dibagikan oleh Elon Musk adalah rajinlah membaca. Kepada Friedman, Musk mengatakan ia sangat suka membaca ensiklopedi saat masih kanak-kanak.

“Saya mendorong semua orang termasuk anak muda untuk banyak membaca buku,” kata Musk.

“Cobalah untuk mencerna informasi sebanyak-banyaknya. Kembangkan pengetahuan umum yang luas sehingga anak muda memiliki gambaran kasar tentang lanskap pengetahuan,” lanjutnya.

  1. Bicara dengan orang dari berbagai latar belakang

Selain membaca, tips sukses lain bagi pelajar dan mahasiswa adalah keluarlah dari zona nyaman dan bicaralah dengan banyak orang, meskipun latar belakang mereka berbeda.

Baca Juga : Tahun Ini Perusahaan Elon Musk Akan Tanam Chip Di Otak Manusia. Ini Dampaknya

Bukan untuk bergosip tetapi untuk mendapatkan lebih banyak informasi yang beragam tentang dunia. Agar wawasanmu menjadi luas. Itu diperlukan dalam karir. Jaman sekarang tidak ada lagi keahlian yang tidak bersinergi dengan keahlian lain.

Untuk menghasilkan sebuah produk yang inovatif, anda memerlukan banyak keahlian lain untuk mewujudkan produk tersebut.

“Bicaralah dengan orang-orang dari berbagai lapisan masyarakat, berbagai profesi, berbagai keahlian. Belajarlah sebanyak mungkin,” tegasnya.

Pesan ini menjadi sangat penting bagi pelajar dan mahasiswa ditengah-tengah situasi individualisme, konsumerisme, hedonisme yang ikut mempengarui pertumbuhan anak muda.

Sebagai pribadi sukses yang unik, pesan seperti ini pasti lahir dari keprihatinan dan hasil refleksi perjalanan hidupnya. Harusnya bermanfaat bagi anak muda kita.

Sebarkan Artikel Ini:

1
Leave a Reply

avatar
1 Discussion threads
0 Thread replies
0 Pengikut
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] Baca Juga : Nasihat Bernas Dari Elon Musk Bagi Pelajar Dan Mahasiswa Jika Ingin Sukses […]