SMPK Santo Isodorus Lewotala; Juara Favorit Lomba Foto Pendekar 2021, Tingkat Nasional

Info Sekolah
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com-Lomba foto tingkat nasional tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Taman Safari, di bawah naungan International Animal Photo Compettion (IAPC), diikuti juga oleh SMPK Isodorus Lewotala Kabupaten Flores Timur. Sebuah sekolah di pelosok Flores Timur yang mungkin tidak dikenal dunia luar.

Namun ternyata, dari pelosok terpencil ada juga potensi-potensi berbakat yang kalau diberi ajang, maka tidak akan kalah dengan siswa siswi dari dareah perkotaan. Hal ini juga pastinya tidak terlepas dari peran para guru hebat yang ada di sekolah tersebut.

Maka tidak heran, ketika SMPK Isodorus Lewotala mengikuti ajang ini, artinya di sana terdapat guru-guru hebat sebagai motivator dalam memberikan ruang dan kesempatan kepada siswa-siswinya untuk berkreasi.

Ternyata di SMPK Isodorus Lewotala, yang menjadi nahkodanya adalah seorang guru hebat mantan Ketua Ikatan Guru Indonesia (IGI) daerah Kabupaten Flores Timur yang pertama dan kini menjadi pengurus IGI Pusat, satu-satunya perwakilan dari NTT yang menjadi pengurus IGI Pusat.

Menurut Kepala SMPK Isodorus Lewotala, Fransiskus Berek, M.Pd, dalam ajang ini sesungguhnya sekolahnya tidak berharap banyak untuk meraih prestasi. “Cukup nama SMPK Isodorus Lewotala yang mewakili Kabupaten Flores Timur terdaftar di kepanitian sudah cukup.

Baca Juga : Pembelajaran Dalam Jaringan Ala SMPS St. Isodorus Lewotala

Bahwa orang nasional mengetahui ternyata di Indonesia ada sebuah sekolah yang bernama SMPK  Santo Isodorus Lewotala yang berada di pelosok Indonesia, tepatnya di Kabupaten Flores Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur,” ujar Frans Berek, sapaan akrab kepala SMPK Santo Isodorus Lewotala menimpali.

Ternyata harapan yang hanya sekedar  dikenal di tingkat nasional justru membawa sebuah prestasi yang luar biasa. Marselina Tupa Sogen, siswi kelas IX SMPK Santo Isodorus Lewotala berhasil meraih juara favorit nasional lewat fotonya yang menampilkan busana adat tradisional Lamaholot, Kabupaten Flores Timur.

Menurut Fransiskus Xaverius Berek, M.Pd, Kepala Sekoalh SMPK Santo Isodorus Lewotala, pihaknya merasa sangat bangga bisa menembus 10 besar tingkat nasional.

“Kami merasa bangga sebab dari ratusan foto yang diseleksi, foto jepretan anak kami masuk TOP 9 dan akhirnya terpilih sebagai favorit dengan jumlah likes terbanyak. Kebanggaan kami terasa indah sebab kami mengungguli  jumlah likes dari anak-anak kota, yang notabene sudah terbiasa dengan instagram.

Beda dengan anak-anak kami yang familiar dengan face book. Unggul di atas mereka adalah kebanggaan lain yang selalu terngiang di hati,” ungkap Frans Berek, sapaan akrab kepala SMPK Santo Isodorus menimpali.

Sementara ketika disinggung mengenai peran sekolah dan guru-guru dalam memberikan ruang dan kesempatan sehingga anak-anak dari desa dapat berprestasi di tingkat nasional, bahkan mengungguli anak-anak perkotaan, beliau mengatakan bahwa  sekolah memberikan ruang seluas-luasnya bagi guru dan siswa untuk mengembangkan potensi yang ada pada diri mereka.

Baca Juga : Pertanian, Ekstrakurikuler Wajib Di SMPK St. Isidorus Lewotala

“Waktu pagi dan sore hari kami siapkan bagi mereka untuk mengasah keterampilan dan pengetahuan. Dukungan berupa pulsa data pun disiapkan bagi anak untuk bisa mengirimkan karyanya sekaligus melakukan interview dengan dewan juri dari Jakarta,” ungkap Kepala Sekolah.

Ketika ditanya mengenai kelanjutan peran serta siswa dalam event-event ke depan, baik event lokal maupun even nasional beliau mengatakan ke depan, semua jenis lomba apa saja yang ada akan kami ikuti, baik tingkat lokal maupun tingkat nasional.

“Bagi kami, juara soal kedua, yang paling pokok adalah terlibat dalam proses dan menimba ilmu dari setiap moment dan kegiatan  yang diikuti. Darinya anak-anak didik kita berkembang, mengaktualisasikan dirinya seturut bakat dan minat yang dimilikinya. Dan ini terbukti, bahwa ketika anak didik kita berikan ruang dan waktu, mereka dapat menunjukkan potensi mereka yang luar biasa”. ujar Frans Berek.

Pada bagian terakhir, Kepala Sekolah SMPK Santo Isodorus Lewotala, mengungkapkan terima kasih kepada Ketua IGI Flores Timur dan Pengurus yang selalu mendukung untuk terus bergerak dan menginspirasi.

“Terima kasih berlimpah untuk Ketua IGI Daerah Kabupaten Flores Timur dan pengurus yang selalu bersama untuk saling membagi informasi, saling memberikan motivasi, selalu berbagi inspirasi”, ungkap Frans Berek.

Sebarkan Artikel Ini:

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of