Guru Penggerak Indonesia Maju

EDU Talk
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com – Tanggal 25 November diperingati sebagai Hari Guru Nasional. Hal itu ditetapkan oleh pemerintah Republik Indonesia berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994.

Pemerintah melalui surat edaran (SE) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyampaikan tema yang diusung saat Hari Guru Nasional 2019, yaitu Guru Penggerak Indonesia Maju. Pemerintah juga menghimbau agar memperingati momen Hari Guru Nasional 2019 dengan menyelenggrakan kegiatan untuk mengapresiasi guru.

Peringatan hari guru memiliki sejarah panjang hingga akhirnya 25 November terpilih sebagai Hari Guru Nasional. Selain Hari Guru Nasional, 25 November 1945 juga ditetapkan sebagai hari lahir Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Adapun yang melatarbelakangi lahirnya Hari Guru Nasional berawal dari perjuangan para guru Tanah Air melalui Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) pada 1912. Nama PGHB berubah menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI) sekira dua dekade kemudian.

Pergantian nama PGI tersebut membuat geram Pemerintah Belanda. Tepat ketika masa pendudukan Jepang, PGI dibungkam oleh Jepang. Pada masa tersebut, pemerintah Jepang melarang semua organisasi dan menutup semua sekolah.

Setelah proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945, PGI kembali berkobar. Ditambah dengan digelarnya Kongres Guru Indonesia pada 24–25 November 1945 di Surakarta. Sehingga, hasil kongres mencatatkan sejarah baru, di mana pada tanggal 25 November 1945, PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia) pun selanjutnya berdiri. Tanggal tersebut kemudian diperingati sebagai Hari Guru Nasional.

Melalui kongres ini, segala organisasi dan kelompok guru yang didasarkan atas perbedaan tamatan, lingkungan pekerjaan, lingkungan daerah, politik, agama, dan suku, sepakat dihapuskan.

Lebih jauh sebagai penghormatan kepada guru, pemerintah Republik Indonesia dengan Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994, menetapkan hari lahir PGRI tanggal 25 November sebagai Hari Guru Nasional, dan diperingati setiap tahun.

Tema sentral  guru sebagai penggerak memiliki makna bahwa guru bukanlah penonton melainkan pemain utama. Dikatakan pemain utama karena profesi guru adalah pembaharu sekaligus creator yang menciptakan perubahan dan kemajuan sekolah bahkan kemajuan peradaban.

Guru harus bermakna bagi murid dan warga sekolah. Untuk mendukung cita-cita reformasi birokrasi dan administrasi pendidikan, seorang guru harus siap menghadapi perubahan dan rela melakukan perubahan dalam pendidikan.

Guru lebih dalam perlu mengerti isi perubahan dan implementasinya. Mereka perlu menyadari bahwa perubahan itu perlu demi kemajuan pendidikan di Indonesia. Untuk itu, sebelum mengadakan perubahan atau reformasi, guru perlu mengetahui informasi, berdiskusi, dan belajar bersama.

Mereka perlu melibatkan diri dalam pembahasan, bukan hanya melaksanakan. Misalnya, sebelum kurikulum baru diberlakukan, guru-guru sudah harus mengetahui informasi, mempelajari dan terlatih, sehingga mereka mampu menguasai isi, cara, dan implementasi kurikulum.

Di era milenial seperti sekarang ini, guru dituntut ekstra untuk mendidik anak didiknya. Jangan sampai seorang guru sama sekali tidak bisa mendidik generasi anak zaman now, yang semakin melek teknologi informasi.Guru pun juga harus menyandang guru zaman now atau guru masa kini. Ada tiga hal penting.

Pertama, guru harus bisa berperan menjadi katalisator. Sebagai katalisator, guru harus mampu mengidentifikasi, menggali, serta mengoptimalkan potensi anak didik. Guru mesti mampu memfasilitasi peserta didik berkembang sesuai minat dan bakatnya.

Kedua, bisa berperan menjadi penghubung. Selanjutnya, guru harus berperan menghubungkan siswa dengan sumber-sumber belajar yang beragam, di dalam maupun di luar kelas.

Ketiga, bisa berperan menjadi fasilitator. Sebagai fasilitator, seorang guru harus mampu menjadikan dirinya sebagai teman diskusi, teman bertukar pikiran dalam proses pembelajaran.

Akhirnya guru adalah sosok yang selalu membangkitkan inspirasi dan penuh pengabdian. Tugasnya membantu murid  mengkonstruksi ilmu pengetahuan, layak mendapatkan penghormatan dan penghargaan yang besar. Selamat hari Guru kepada seluruh Guru Indonesia. (Foto: iloveaceh.org)

Sebarkan Artikel Ini:

3
Leave a Reply

avatar
3 Discussion threads
0 Thread replies
0 Pengikut
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] Baca Juga: Guru Penggerak Indonesia Maju […]

trackback

[…] Baca Juga : Guru Penggerak Indonesia Maju […]

trackback

[…] Baca Juga: Guru Penggerak Indonesia Maju […]