Pentingnya Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Pembelajaran Inkuiri

EDU Talk
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com – Inkuri pada dasarnya merupakan proses bertanya dan menemukan sendiri jawaban terhadap pertanyaan ilmiah yang diajukan dengan menekankan pada proses berpikir secara kritis dan analitis. Proses berpikir itu sendiri biasanya dilakukan melalui tanya jawab antara guru dan siswa. Guru mempunyai peran aktif dalam menentukan permasalahan dan tahapan-tahapan pemecahannya.

Bertanya, menginferensi, memprediksi, berkomunikasi, menginterpretasi, dan menarik kesimpulan merupakan serangkaian kegiatan dalam pembelajaran inkuiri yang selalu mengajak siswa untuk melakukan pencarian konsep sesuai dengan fakta yang ditemukan. Inkuiri merupakan strategi pembelajaran yang banyak dianjurkan dalam proses kegiatan belajar mengajar IPA, karena sesuai dengan scientific approach yang meliputi; mengamati, menanya, mencoba, mengolah, menyajikan, menyimpulkan, dan mencipta.

Inkuiri memiliki beberapa keunggulan di antaranya :

  1. Mengembangkan aspek kognitif, afektif, dan psikomotor secara seimbang. Dengan demikian, strategi pembelajaran inkuiri ini dianggap lebih bermakna.
  2. Gaya belajar siswa yang beraneka ragam dapat diakomodasi karena strategi pembelajran inkuiri dapat memberikan ruang dalam hal tersebut.
  3. Menurut perkembangan psikologi belajar modern yang menganggap belajar adalah proses perubahan tingkah laku berkat adanya pengalaman, maka inkuiri merupakan strategi yang dianggap sesuai dengan perkembangan siswa.
  4. Siswa yang memiliki kemampuan belajar bagus tidak akan terhambat oleh siswa yang lemah dalam belajar. Ini merupakan keuntungan lainnya yang dapat diberikan oleh strategi pembelajaran

Di samping memiliki keunggulan, pembelajaran menggunakan inkuiri juga mempunyai kelemahan, di antaranya:

  1. Kesulitan dalam mengontrol kegiatan dan keberhasilan siswa biasanya akan dialami jika inkuiri digunakan sebagai strategi belajar.
  2. Kebiasaan siswa dalam belajar kadang ada kalanya terbentur dengan strategi ini dikarenakan perencanaan pembelajaran menjadi lebih sulit.
  3. Waktu yang telah ditentukan dalam pembelajaran kadang-kadang dapat menjadi pembatas dalam mengimplementasikan inkuiri karena strategi ini memerlukan waktu yang lebih panjang sehingga sering guru sulit dalam penerapannya.
  4. Jika kemampuan siswa menguasai materi pelajaran menjadi kriteria keberhasilan dalam belajar, maka strategi pembelajaran inkuiri akan sulit diimplementasikan oleh setiap guru.

Dengan mengetahui keunggulan dan kelemahan yang telah dijelaskan tersebut maka guru perlu membuat perencanaan yang matang, pengawasan yang ketat, dan penilaian berkelanjutan melalui proses inkuiri yang secara bertahap mengarah pada belajar mandiri siswa. (Foto: putriyulianaeducation.blogspot.com)

*Penulis adalah Ketua Ikatan Guru Indonesia (IGI) Cabang Flores Timur

Sebarkan Artikel Ini:

1
Leave a Reply

avatar
1 Discussion threads
0 Thread replies
0 Pengikut
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] Baca Juga : Pentingnya Mengetahui Kelebihan Dan Kekurangan Pembelajaran Inkuiri […]