Pramuka dan Gerakan Menjaga Lingkungan Hidup

Info Sekolah
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com – Gerakan Pramuka  mendidik dan membina kaum muda Indonesia dengan tujuan agar mereka menjadi manusia berkepribadian, bertakwa dan berbudi pekerti luhur sesuai dengan Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka. Salah satu janji pramuka (Trisatya) berbunyi “menolong sesama hidup dan mempersiapkan diri/ikut serta membangun masyarakat.Bentuk implementasi dalam keikutsertaan Pramuka dalam membangun masyarakat adalah Bakti masyarakat. Bakti masyarakat mengandung arti mengerjakan sesuatu secara sukarela untuk kepentingan masyarakat. Sebagai mahluk Individu  Seorang pramuka  selalu berproses sepanjang hayatnya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya baik lahir maupun batin.

Sebagai mahluk sosial seorang pramuka selalu berusaha untuk dapat menyesuaikan diri dengan anggota masyarakat yang lainnya, hidup berdampingan, saling menghormati, saling menolong, saling bekerja sama dan bantu membantu, sehingga akan terjalin kehidupan bermasyarakat yang harmonis, dan sebagai mahluk tuhan seharusnyalah seorang pramuka selalu berusaha meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan Yang maha Easa dengan berusaha beribadah sesuai dengan petunjuk-petunjuk Nya dan meninggalkan larangan-larangan Nya.

Menyambut Hari Pramuka 2019,  Kwartir Gerakan Pramuka SDK Sang Timur Karang Tengah  menggelar upacara Ulang Janji di halaman SDK Sang Timur, Karang Tengah.Mariana Suryanti S.Pd sebagai Pembina Upacara. dalam sambutannya, mengajak para Pramuka terus berbuat baik serta mengamalkan Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka, serta mengingat jasa-jasa pahlawan, khususnya pendiri Pramuka. Mengambil tema “Pramuka dan Upaya  Menjaga Lingkungan Hidup ”. Peringatan Hari Pramuka kali ini diikuti seluruh siswa/i SDK Sang Timur Karang Tengah.

Setelah upacara dilanjutkan dengan kerja bakti di lingkungan sekolah dan sekitar perumahan Barata Karang Tengah.  Wakil Humas ,  F. A Marjito  saat memimpin kegiatan tersebut mengatakan, kerjabakti massal di  lingkungan sekolah  dan sekitarnya  melibatkan siswa/I SMP Sang  Timur. “Kerja bakti  kali ini, kita melibatkan siswa kelas empat sampai kelas enam  dan dibagi di 4  titik,” ucap  Marjito.

F.A Marjito menjelaskan, dalam pelaksanaan kerjabakti, anak-anak turut menikmati kegotong royongan membersih sampah didalam saluran air. Tak hanya itu, anak-anak menyisir setiap sudut sekolah.

Petrus Klimin selaku wakil  sekolah bidang kesiswaaan menambahkan, kegiatan kerjabakti massal ini dilaksanakan dalam rangka melatih kepedulian siswa serta pemahaman tentang arti kebersihan”, ujarnya.  Kerja bakti  juga merupakan sarana kebersamaan antar warga sekolah  guna membantu tercapainya kenyamanan sekolah . Kerja bakti  dalam lingkungan sekolah dapat pula dijadikan sarana refreshing . Kerja bakti merupakan kegiatan yang dilakukan secara sukarela , hasilnya dapat dinikmati bersama-sama.

Kerja bakti di sekolah dan manfaatnya dapat dirasakan oleh semua warga sekolah. Kebersihan sekolah  adalah tanggung jawab semuanya anggota sekolah. Kebersihan sekolah adalah tanggung jawab semua anggota sekolah baik kepala sekolah, para staf, guru-guru juga siswa-siswi. Mengapa mesti melindungi kebersihan lingkungan sekolah? Lantaran kebersihan adalah pangkal kesehatan. Bila lingkungan sekolah bersih suasana jadi segar, bakal bikin nyaman, aman dalam belajar dan bakal terbebas dari ancaman penyakit.

Sebarkan Artikel Ini:

1
Leave a Reply

avatar
1 Discussion threads
0 Thread replies
0 Pengikut
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] Baca Juga : Pramuka dan Gerakan Menjaga Lingkungan Hidup […]