Kebiasaan Unik Bill Gates, Elon Musk, dan Zuckerberg yang Inspiratif

Family Talk
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com – Ketiga orang ini adalah orang sukses karena inovasi yang mereka kerjakan. Bill gates adalah pendiri Microsoft, yang saat ini menjadi orang terkaya di dunia. Sedangka Elon Musk adalah pendiri Tesla dan Space X yang tengah berusaha memecahkan masalah seputar pencemaran lingkungan. Sedangkan Zuckerberg adalah pembuat aplikasi dan pendiri Facebook, yang aplikasinya digunakan di seluruh dunia. Mereka memiliki kebiasaan unik yang inspiratif.

Bill Gates adalah kutu buku sejati. Ia membaca 50 judul buku setiap tahun. Meskipun kebiasaan ini baginya bermasalah karena sering dilakukannya hingga larut, yang membuatnya kelelahan pada hari beriktunya. Baginya membaca adalah cara terbaik untuk mempertahankan rasa ingin tahu. Bill Gates sangat menganjurkan buku Better Angel of Our Nature : Violence has Declined, setebal 800 halaman, untuk dibaca. Buku tersebut ditulis oleh Psikolog Steven Pinker.

Di samping membaca, ia adalah pribadi yang sangat peduli pada issue-issue seperti kemiskinan dan pemanasan global. Kepedulian tersebut ia buktikan misalnya dengan menyumbang Rp. 13,6 triliun kepada badan dunia yang bekerja untuk menangani issue pemanasan global. Bill Gates pun menyumbang Rp. 4,1 trilliun untuk menolong petani di Asia dan Afrika yang mengalami gagal panen.

Elon Musk

Pada saat yang bersamaan, Elon Musk mendirikan dan memimpin beberapa perusahaan sekaligus seperti Tesla, Solarcity, Gigafactory, SpaceX, dan Hiperlop. Elon Musk tidak hanya memimpin, tetapi menjadi innovator yang utama dan sangat penting dari tim-tim yang bekerja untuk mewujudkan gagasan-gagasan besar dalam rangka memecahkan berbagai masalah penting hidup manusia, seperti pencemaran lingkungan, keterbatasan sumber daya alam, dan kemacetan lalu lintas.

Oleh karena itu, waktu baginya sangatlah penting. Maka Elon Musk sangat teliti dalam menyusun agenda kegiatannya, bahkan hingga dalam rentang lima menit, agar kegiatannya dapat berjalan sebaik mungkin. Selain menyusun jadwal, ia pun melakukan evaluasi dan refleksi di akhir hari, dengan sebaik-baiknya. Dalam evaluasi dan refleksi ia berupaya mempertanyakan keputusan yang sudah diambil, dan mengupayakan tindakan lebih baik lagi, termasuk mempertanyakan arah inovasinya.

Di samping kebiasaan menyusun jadwal, serta melakukan evaluasi dan refleksi, ia pun memiliki kebiasaan membaca. Membaca bahkan sudah dilakukan Elon Musk sejak ia masih kanak-kanak. Ketika ia sangat sibuk menjalani jadwal-jadwalnya, membaca tetap terjadwal baginya.

Mark Zuckerberg

Seperti dua inovator sebelumnya, Zuckerberg pun sangat suka membaca. Meskipun ia mengaku tidak sekuat Bill Gates dalam hal membaca, namun ia pun melihat membaca sebagai aktivitas yang penting. Bahkan pada bulan Januari 2015, ia mengumumkan resolusi, membaca satu buku setiap dua minggu. Resolusi tersebut masih ia pertahankan hingga kini.

Selain itu, bagi pemerhati Zuckerberg, pasti selalu melihatnya tampil dengan busana kaus abu-abu dan celana jeans. Menurutnya, pada posisi CEO Facebook, ia harus mengambil banyak keputusan, termasuk busana yang dikenakan. Dengan busana yang sama setiap hari, ia memilih lebih menggunakan kekuatan otaknya untuk mengambil keputusan yang lebih penting.

Itulah 3 (tiga) inovator yang turut menentukan peradaban manusia ini. Mereka memiliki waktu yang sama seperti kita, duapuluh empat jam sehari, Namun cara mengisinya mungkin yang berbeda. Mereka memilih tetap mengupayakan produktivitas, meskipun bukan hal yang gampang. Mudah-mudahan Eduers terinspirasi. (Oleh: Sipri Peren/Foto: m.infospesial.net)

Sebarkan Artikel Ini:

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of