Sekolah Tarakanita Barito Menanamkan Jiwa Cinta Lingkungan Melalui Peringatan Hari Ozon Sedunia

Info Sekolah
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com-Mengapa perlu adanya peringatan hari ozon sedunia? Peringatan ini sesuai dengan tanggal penandatanganan Protokol Montreal, 16 September 1987. Maksud dari penetapan peringatan itu untuk selalu mengingatkan tentang betapa pentingnya kolaborasi aktif dan kerja sama semua pihak dalam melindungi bumi untuk generasi mendatang dari ancaman perubahan iklim dan penipisan lapisan ozon.

Penandatangan perjanjian ini menindaklanjuti persetujuan umum pertama yang diadakan pada tahun 1985, persetujuan yang dikenal sebagai “Konvensi Vienna untuk Perlindungan Lapisan Ozon” yang merupakan perjanjian untuk melindungi lapisan ozon. Protokol Montreal tersebut ditandatangani oleh 188 negara.

Baca juga : UNESCO Terbitkan Dokumen Panduan Penggunaan Kecerdasan Buatan Di Sekolah. Ini Isinya.

Selasa 19 September 2023, dalam rangka memperingati hari ozon sedunia, siswa TK, SD dan SMP Tarakanita Blok Barito melakukan aksi menanam pohon di Taman Sambas, Kelurahan Kramat Pela, Kecamatan Kebayoran Baru,  Jakarta Selatan.

Bekerja sama dengan Bapak Achmad Syarif selaku Lurah Kramat Pela dan dibantu oleh pasukan orange dari Kelurahan Kramat Pela.  Kegiatan tersebut dimulai pukul 08.00-09.30. Sebelum menanam pohon, para peserta didik sempat bermain, permainan yang ada di Taman Sambas.

Kegiatan penanaman pohon ini melibatkan antara lain 10 siswa dari setiap  TK, SD, SMP Tarakanita dan beberapa guru pendamping. Semua siswa sangat senang diberi kesempatan untuk menanam pohon di Taman Sambas.

Jenis pohon yang ditanam antara lain pohon peneduh seperti ketapang kencana, tabubuya. Juga ada pohon buah seperti  jengkol, sirsak, alpukat, durian.

Harapan kami semua, pohon yang kami tanam bisa tumbuh dengan baik dan berguna bagi masyarakat dan lingkungan sekitar. Inisiatif penanaman pohon ini juga diharapkan dapat mengurangi polusi udara dan menghijaukan bumi.

Baca juga : Gelar Gladian Pinru SMP Tarakanita Wilayah Jakarta Bersama TKK MPK KAJ

Selain itu, bagi siswa-siswi sekolah Tarakanita Blok Barito, kegiatan ini antara lain dapat menanamkan jiwa cinta lingkungan dari sejak dini. Mereka juga diharapkan bisa ikut merawat tanaman yang mereka tanam tersebut dengan baik.

Lebih dari itu, dengan kegiatan ini, semoga lapisan ozon di bumi ini tetap terjaga dengan baik.

5 1 vote
Article Rating
Sebarkan Artikel Ini:
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments