5 Sekolah Kedinasan Favorit Masyarakat; Sekolah Gratis, Dijamin Jadi PNS

EDU Talk
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com-Untuk murid SMA/K kelas XII, selain fokus menghadapi ujian akhir, mereka juga perlu memutuskan melanjutkan studi ke mana. Termasuk menyiapkan diri mengikuti tes masuk ke kampus idaman mereka.

Selain menyiapkan diri mengikuti tes masuk universitas negeri atau universitas swasta, alternatif  seperti sekolah kedinasan, dapat menjadi alternatif yang tidak kalah menarik.

Jika universitas negeri menarik karena biaya pendidikannya lebih murah, maka sekolah kedinasan jauh lebih menarik, karena mahasiswa bahkan tidak perlu membayar biaya pendidikan.

Selain itu, di sekolah kedinasan mahasiswa bahkan memperoleh uang saku selama menempuh pendidikan. Terlebih lagi, setelah lulus mereka pun langsung menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS).

Oleh karena itu, sebagai alternatif, sekolah kedinasan patut diperkenalkan pada murid SMA/K kelas XII oleh guru Bimbingan Karier di sekolah-sekolah menengah atas.

Berdasarkan data dari Badan Kepegawaian Negara (BKN), berikut daftar 5 sekolah kedinasan yang paling favorit, dilihat dari jumlah peminatnya setiap tahun.

Politeknik Keuangan Negara (PKN STAN)

Politeknik Keuangan Negara (PKN STAN) adalah sekolah kedinasan paling favorit. Seperti dilansir pada laman sindonews.com, pada tahun 2021 lalu, PKN STAN diminati oleh 44.455 orang.

Padahal pada tahun kuliah 2021, daya tampungnya hanya sebanyak 275 orang mahasiswa. Itu artinya, persaingannya adalah sekitar 1:162 orang. Ini adalah tingkat persaingan yang paling tinggi karena pada tahun kuliah 2020 misalnya, tingkat persaingannya adalah 1:15.

Pada penerimaan mahasiswa baru tahun ini, kuotanya naik tiga kali lipat, yakni sekitar 750 orang.

Baca juga : Guru Sebagai Pekerjaan Profesional, Tapi Guru Paling Banyak Terjerat Pinjaman Online Ilegal

Untuk anda yang berminat, pendaftarannya sudah akan dibuka sekitar Bulan April tahun 2023. Oleh karena itu, bersiap-siaplah mulai dari sekarang.

Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)

Institut Pemerinahan Dalam Negeri (IPDN) adalah sekolah kedinasan kedua terfavorit, dengan peminat setiap tahunnya sekitar 42.755 orang.

Kuota pendaftaran praja, (sebutan untuk mahasiswa IPDN) tahun ini kurang lebih sebanyak1.164 orang dari berbagai provinsi di Indonesia. Masing-masing provinsi mendapat jumlah kuota tertentu sesuai dengan kebutuhan daerahnya.

IPDN adalah lembaga pendidikan yang bernaung di bawah Kementerian Dalam Negeri. Lulusan dari IPDN akan mengisi pos-pos di pemerintahan daerah, di antaranya menjadi camat.

Untuk tahun kuliah 2023, pendaftaran akan dibuka sekitar bulan April tahun 2023.

Politeknik Statistika (STIS)

Sekolah kedinasan favorit di urutan ketiga adalah Politeknik Statistika atau Sekolah Tinggi Ilmu Statistika. Jumlah peminatnya tahun kuliah 2022 adalah 27.501 orang. Padahal jumlah yang diterima hanya sebanyak 500 orang mahasiswa.

Jumlah kuota 500 orang tersebut tersebar pada tiga program studi yakni Program Studi Statistika, Program Diploma III sebanyak 100 mahasiswa. Program Studi Statistika, Program Diploma IV 250 mahasiswa, dan Program Studi Komputasi Statistika Program Diploma IV, sejumlah 150 mahasiswa.

Selain biaya pendidikan gratis bagi para mahasiswa, STIS juga menjamin karier setelah lulus. Lulusan STIS langsung diangkat menjadi CPNS di Badan Pusat Statistik di berbagai daerah.

Baca juga : Ahli Parenting : Anak Sukses Dimulai Dari Faktor Ini

Politeknik Imigrasi (Poltekim)

Pada urutan berikutnya adalah Politeknik Imigrasi dengan jumlah peminat setiap tahun sekitar 17.323 orang calon mahasiswa. Padahal jumlah mahasiswa yang diterima berjumlah 300 orang.

Politeknik Imigrasi adalah lembaga pendidikan yang menyelenggrakan pendidikan dan pelatihan di bidang imigrasi. Setiap tahun, pendaftaran Poltekim dibuka pada bulan April.

Selain gratis biaya pendidikan, lulusan Poltekim juga dapat berkarier di kantor-kantor Kementerian Imigrasi di seluruh Indonesia sebagai calon pegawai negri sipil.

Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTDI)

Politeknik Transportasi Darat Indonesia menempati urutan kelima dengan jumlah peminat sebanyak 16.844 pada tahun 2021 lalu. Padahal jumlah mahasiswa yang dapat diterima sebanyak 300 orang.

Politeknik Transportasi Darat Indonesia merupakan politeknik di bawah Kementerian Perhubungan, yang paling diminati masyarakat. Selain PTDI masih ada 20 politeknik lagi yang diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan.

Selain gratis biaya pendidikan, lulusan PTDI dapat berkarier di Kementerian Perhubungan, terutama Perhubungan Darat.

Itulah lima sekolah kedinasan yang paling diminati masyarakat, yang diselenggarakan oleh pemerintah. Selain itu, masih ada Politeknik Ilmu Pemasyarakatan, masi juga ada Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika.

Di samping itu, masih ada tiga sekolah kedinasan lain yakni Sekolah Tinggi Inteligen Negara, Politeknik Siber dan Sandi Negara, serta Politeknik Perkeretaapian Indonesia yang jadwal pendaftarannya setiap tahun sama sama pada bulan April.

Foto:bimbel ikatandinas

5 1 vote
Article Rating
Sebarkan Artikel Ini:
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
oldest
newest most voted
Inline Feedbacks
View all comments
trackback

[…] Baca juga : 5 Sekolah Kedinasan Favorit Masyarakat; Sekolah Gratis, Dijamin Jadi PNS […]