Ini Jadwal dan Alur Penerimaan Tamtama TNI AU, untuk Lulusan SMP dan SLTA

Info Sekolah
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com-TNI Angkatan Udara membuka kesempatan bagi pemuda pemudi Indonesia, minimal lulusan SMP, yang tertarik menjadi Tamtama PK TNI AU.

Bagi Anda yang berminat, dan saat ini berusia minimal 17 tahun 9 bulan dan maksimal 22 tahun pada saat pembukaan pendidikan, dapat melakukan pendaftaran mulai tanggal 15 November-31 Desember 2021.

Jika berminat, Anda masih punya waktu 3 minggu untuk menyiapkan persyaratan untuk mengikuti pendaftaran menjadi Tamtama PK TNI AU tersebut.

Persyaratan yang harus disiapkan adalah persyaratan administrasi seperti dilansir pada laman resmi TNI Angkatan Udara. Persyaratan ini berlaku baik secara umum untuk menjadi Prajurit TNI, maupun persyaratan khusus bagi Prajurit Tamtama PK TNI AU, sebagai berikut.

Persyaratan Umum

  1. Warga Negara Republik Indonesia.
  2. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  3. Setia kepada NKRI yang berlandaskan Pancasila dan UUD Negara RI tahun 1945.
  4. Berusia paling rendah 17 tahun 9 bulan dan paling tinggi 22 tahun pada saat pembukaan pendidikan.
  5. Tidak memiliki catatan kriminalitas yang dikeluarkan secara tertulis oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia.
  6. Sehat jasmani dan rohani.
  7. Tidak sedang kehilangan hak menjadi prajurit berdasarkan keputusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.

Baca Juga : Menyambut Kelahiran Yesus Sang Juru Selamat Di Tengah Pandemi

Persyaratan Khusus

  1. Pendidikan terakhir serendah-rendahnya SLPT/sederajat, dengan melengkapi ijazah SD, SLTP, dan SLTA (bagi lulusan SLTA), SKHUN, dan rapor pendidikan terakhir yang telah dilegalisir.
  2. Tinggi badan sekurang-kurangnya 163 cm, dengan berat badan seimbang/ideal menurut ketentuan yang berlaku.
  3. Bersedia menandatangani surat perjanjian bermaterai, ikatan dinas pertama keprajuritan selama 7 tahun.

Persyaratan Tambahan

  1. Setelah lulus, bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  2. Sanggup mengganti seluruh biaya yang dikeluarkan oleh negara apabila mengundurkan diri sebelum pendidikan Pratama berakhir.
  3. Sanggup mengganti seluruh biaya yang telah dikeluarkan oleh negara apabila mengundurkan diri sebelum ikatan dinas pertama berakhir. Biaya termaksud meliputi biaya pendidikan, gaji, dan tunjangan kinerja.
  4. Orang tua/wali harus menandatangani surat pernyataan bermaterai, tidak melakukan penyuapan/kolusi kepada pihak manapun.
  5. Bagi yang sudah bekerja secara tetap sebagai karyawan, harus mendapatkan izin resmi dari pimpinan dan bersedia mengundurkan diri dari status pegawai bila diterima mengikuti pendidikan pratama.
  6. Belum pernah kawin dan sanggup tidak kawin selama mengikuti pendidikan pratama sampai dengan dua tahun setelah lulus pendidikan pratama, yang diketahui oleh orang tua atau wali, Lurah atau Kepala Desa, dan Kantor Urusan Agama (KUA) setempat.
  7. Mendapat persetujuan dari orang tua atau wali bagi calon yang berumur 21 tahun, yang disahkan oleh kelurahan tempat domisili calon.
  8. Harus mengikuti dan lulus pemeriksaan/pengujian masuk.

Baca Juga : Tidak Boleh Lengah, Corona Masih Ada

Cara Mendaftar

  1. Pendaftaran dilakukan melalui Dinas Personel lanud Terdekat
  2. Bisa dengan mengunjungi laman resmi TNI Angkatan Udara untuk melihat alur pendaftaran pada https://diajurit.tni.au.mil.id/
  3. Login dengan melakukan pendaftaran user baru, dengan mengisi formulir online.
  4. Membuat account baru pada laman https://diajurit.tni.au.mil.id/register

Itulah informasi tentang jadwal pendaftaran, syarat pendaftaran, serta cara pendaftaran menjadi Tamtama PK TNI AU. Jika berminat, lakukan persiapan dan ikuti semua proses. Semoga berhasil!

Foto:tni-au.mil.id

Sebarkan Artikel Ini:

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of