Lima Profesi Unik Ini Hanya Ada di Tiongkok

Family Talk
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com-Profesi dipahami sebagai pekerjaan yang membutuhkan pelatihan untuk menguasai suatu kecakapan khusus. Oleh karena itu, dalam perkembangannya, profesi harus bernaung pada suatu asosiasi profesi. Profesi tersebut juga harus memiliki kode etik, proses sertifikasi dan lisensi khusus untuk bidang profesi tersebut.

Orang yang kompeten, tersertifikasi, bekerja dengan kode etik tertentu, memiliki lisensi dan memperoleh bayaran karena profesinya, disebut profesional.

Namun dalam perkembangannya, istilah profesi sudah digunakan juga untuk menggambarkan semua aktivitas yang dilakukan oleh seorang atau sekelompok orang yang menerima bayaran karena melakukan aktivitas tersebut.

Mereka bisa jadi belum disebut kelompok profesional, namun pekerjaan mereka dilakukan terus menerus, dan dari pekerjaan tersebut mereka menerima bayaran. Semua kelompok profesional mulai tumbuh dengan cara ini.

Di Tiongkok, seperti dilansir pada laman kaskus.co.id, selain profesi-profesi yang pada umumnya kita kenal, juga dikenal lima profesi unik ini. Dilakukan oleh banyak warga dan mereka menerima upah dari profesi  tersebut.

Kita mungkin tidak membayangkan profesi unik ini menjadi profesi mereka, namun itulah Tiongkok. Negara dengan jumlah penduduk yang besar, untuk bertahan hidup, jasa yang unik bisa disediakan warga.

  1. Perawat basah

Ini bukan perawat seperti yang kita pahami, profesi yang bekerja membantu dokter di rumah sakit, menjalankan tugas medis, merawat pasien. Juga bukan perawat khusus yang bertugas memandikan pasien.

Perawat basah di sini memang ada hubungan dengan air, tetapi air yang dimaksud adalah air susu. Perawat basah adalah profesi di mana sang perawat bertanggung jawab memberikan air susunya kepada klien.

Baca Juga : Reformasi Pendidikan Tahap Dua Di China; Ujian Tertulis Dan PR Di Kelas I Dan II Dihilangkan

Kliennya juga ternyata bukan anak-anak tetapi orang dewasa, umumnya laki-laki. Jasa perawat basah saat ini menjadi tren di Tiongkok. Permintaannya meningkat setiap hari.

Uniknya lagi, para klien tidak minum air susu yang sudah disimpan dalam botol, tetapi meminum langsung seperti bayi. Sang perawat bisa disewa tinggal serumah, selama jasanya dibutuhkan.

Untuk jasa ini, sang perawat basah dibayar sekitar 10 ribu sampai 20 ribu yuan, atau setara dengan 16-30 juta rupiah setiap bulan. Jika sang perawat masih muda dan cantik, dapat memperoleh bayaran yang berkali-kali lipat dari jumlah di atas.

  1. Pendonor sperma

Sebelum tahun 2015 berlaku ketentuan, satu keluarga satu anak, sebagai upaya untuk mengendalikan jumlah penduduk. Sejak tahun 2015, kebijakan tersebut diganti.

Warga Tiongkok didorong untuk menikah dan memiliki anak. Namun bagi wanita lajang yang tidak mau menikah tetapi mau memiliki anak yang sehat, atau pasangan yang suaminya tidak memiliki sperma yang layak, dapat menggunakan sperma yang tersimpan pada bank sperma pemerintah.

Inilah peluang profesi bagi laki-laki sehat usia 20 hingga 45 tahun yang ingin mendonorkan spermanya. Pemerintah menyediakan dana hingga 870 dollar atau 11, juta rupiah bagi pendonor yang dianggap memiliki sperma yang layak.

Pemerintah menerapkan syarat seperti berkepribadian menarik, tidak mengidap penyakit menular, tidak memiliki masalah politik. Persyaratan lain adalah, calon pendonor wajib setia pada partai komunis yang berkuasa.

  1. Professional mourner

Keluarga menangis pada saat ada anggota keluarga yang meninggal. Apalagi yang meninggal orang tua, tidak hanya menggambarkan ungkapan duka, tetapi juga ungkapan terima kasih keluarga atas jasa orang tua.

Baca Juga : Otoritas China Larang Pemberlakuan Kurikulum Asing Dan Investor Asing Di Bidang Pendidikan

Namun tidak semua keluarga berduka dapat melakukannya karena berbagai alasan. Oleh karena itu keluarga menyewa jasa orang profesional untuk melakukannya.

Penyedia jasa akan datang ke rumah duka dan bersikap layaknya keluarga. Ketika professional mourner mulai menangis, bayarannya mulai dihitung.

Pada umumnya mereka dibayar per jam. Besarnya berkisar 50 dollar per jam, hingga 150 dollar per jam sesuai dengan pesanan. Jika keluarga hanya memesan professional mourner menangis, maka bayarannya 50 dollar per jam.

Jika keluarga minta sang profesional menangis sambil berguling-guling, maka bayarannya bisa mencapai 150 dollar per jam. Biasanya proses tersebut direkam dan diserahkan pada keluarga pada saat mengklaim pembayaran.

  1. Pengecat rumput

Pemerintah Tiongkok menganggap bahwa rumput terlihat hijau itu mutlak, bahkan menjadi ambisi. Oleh karena itu, halaman rumput yang mulai menguning tidak boleh dibiarkan menguning begitu saja.

Karena ini telah menjadi kebiasaan, maka kebutuhan akan profesi pengecat rumput menjadi tidak terhindarkan. Halaman dengan rumput yang mulai menguning segera disemprot dengan cat berwarna hijau rumput alami.

Cat pewarna yang digunakan bukan semata-mata cat untuk tujuan keindahan tetapi pewarna yang tidak beracun karena terbuat dari bahan pupuk hijau, yang berguna untuk menyuburkan rumput kembali.

Baca Juga : China Proaktif Melindungi Remajanya Dari Dampak Buruk Game Online

Jika rumput dengan warna alami tidak tumbuh dalam 14 minggu setelah penyemprotan, agen akan kembali menyemprot. Agen dibayar mahal untuk jasa ini.

  1. Perawan pemetik teh

Profesi ini berawal dari legenda China kuno tentang teh. Legenda tersebut juga menggambarkan  bahwa tradisi minum teh sebagai tradisi yang popular. Menurut mitos yang berkembang, daun teh terbaik dipetik dengan hati-hati dan dikumpulkan oleh mulut peri sebagai lambang kemurnian.

Mitos ini menginspirasi perkebunan teh di Henan yang mempublikasikan lowongan pekerjaan bagi perawan wanita dengan ukuran payudara tertentu untuk memetik teh di perkebunan tersebut, menggantikan tugas peri seperti dalam mitos.

Para perawan yang direkrut untuk memetik daun teh dengan mulut dan memasukkan dalam keranjang yang diletakkan di antara payudara mereka.

Perawan dengan payudara yang memenuhi persyaratan dalam tugasnya tersebut dibayar cukup mahal, yakni sehari sebesar 500 yuan atau sekitar 1 juta rupiah per hari. Berarti perawan ini digaji sebulan kurang lebih dengan upah 30 juta rupiah.

Itulah lima profesi unik yang menjadi profesi bagi rakyat Tiongkok. Menarik juga sih. Eduers tertarik dengan profesi yang mana?

Foto:bombastis.com

Sebarkan Artikel Ini:

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of