Terampil Berkolaborasi dengan Orang Lain

EDU Talk
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com- Dalam proses belajar mengajar di sekolah, terkadang guru menemukan siswa yang dari sisi kecerdasan baik-baik saja, namun ketika harus belajar dalam sebuah tim, ia kurang mampu bekerja sama dengan baik, kurang mampu mengendalikan emosi, dan memiliki ego yang tinggi.

Apabila ini terjadi, maka perjalanannya menuju sukses akan terhambat. Mengapa? Menurut sebuah penelitian, kesuksesan seseorang ditentukan oleh 20% hard skill dan 80% soft skill. Kemampuan bekerja sama atau berkolaborasi merupakan salah satu gambaran seseorang memiliki soft skill yang matang.

Pada dasarnya kecakapan berkolaborasi ditunjukkan dengan kemampuan bekerjasama di dalam kelompok, beradaptasi dalam berbagai peran dan tanggung jawab, berempati pada orang lain secara tepat, dan menghormati perbedaan perspektif dari orang lain.

Baca Juga : Mengajarkan Siswa Berpikir Kritis

Tujuan yang akan dicapai dari sebuah kolaborasi adalah terciptanya kebersamaan, tumbuhnya rasa memiliki, rasa tanggung jawab, dan rasa saling peduli antar sesama.

Kolaborasi dalam sebuah kelompok dikembangkan melalui pengalaman yang ada di dalam sekolah, luar sekolah, maupun antar sekolah. Siswa diajarkan bekerja bersama-sama secara kolaboratif dalam sebuah project misalnya.

Baca Juga : Keterampilan Komunikasi Terasah, Pesan Tersampaikan

Atau pada saat mengikuti sebuah kompetisi di luar sekolah yang mengharuskan ikut serta sebagai kelompok. Keterampilan berkolaborasi secara efektif merupakan proses pembelajaran terus menerus dan harus selalu diasah sehingga di masa depan siswa akan meraih kesuksesan.

Sekolah Stella Maris, di usianya yang ke-25 di tahun 2020, selalu berupaya mengembangkan kemampuan berkolaborasi dalam diri para siswa, salah satunya dengan penerapan metode pembelajaran kolaboratif (collaborative learning).Siswa belajar dalam kelompok-kelompok kecil untuk mendalami sebuah materi dan secara bergantian mereka akan menjadi leader atau teacher bagi teman-teman yang lain.

Baca Juga : Mengenalkan dan Mengembangkan Kreativitas pada Siswa

Proses ini dilakukan secara bergantian antar anak yang satu dengan yang lain. Kemampuan bekerja sama diuji melalui metode ini, pun pengembangan karakter kemandirian, rasa ingin tahu, penghargaan terhadap orang lain, dan kepedulian akan semakin kuat.

Foto : investor.id

Sebarkan Artikel Ini:

1
Leave a Reply

avatar
1 Discussion threads
0 Thread replies
0 Pengikut
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] Baca Juga : Terampil Berkolaborasi dengan Orang Lain […]