SMA Bunda Hati Kudus Gelar Seminar Sex Education

Info Sekolah
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com – Untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akan seks serta mengantisipasi terjadinya perilaku seks yang salah, maka SMA Bunda Hati Kudus melalui kelompok ekstrakurikuler Kantadius mengadakan seminar dengan tema Sex Education. Seminar ini dilaksanakan pada Jumat (27/09/19) bertempat di Aula Yayasan Asti Dharma dan diikuti oleh seluruh siswa SMA Bunda Hati Kudus dan juga beberapa guru dan kepala sekolah. Hadir sebagai narasumber utama adalah Laurentius Sandi Witarso, M.Psi, seorang psikolog sekaligus dosen di Universitas Atma Jaya Jakarta.

Sr. M. Benedicta, PBHK selaku Kepala Sekolah SMA Bunda Hati Kudus, dalam sambutan singkatnya mengucapkan terima kasih kepada kelompok Kantadius yang sudah menyelenggarakan seminar ini. Menurutnya, seminar ini sangatlah penting dan bermanfaat terutama bagi peserta didik yang usianya masih remaja. Pemahaman dan pengetahuan akan seks merupakan salah satu kebutuhan penting dalam membentuk kepribadian yang baik dan sehat.

Sementara itu, Laurentius Sandi Witarso, M.Psi dalam pemaparan materinya menampilkan banyak data yang berkaitan dengan dunia seks. Melihat seks dari kacamata atau sudut pandangnya sebagai seorang Psikolog, Sandi beberapa kali menegaskan tentang pentingnya pemahaman akan pendidikan seks. Adapun pendidikan seks menurutnya adalah supaya mencegah terjadinya penyakit menular, mengantisipasi kehamilan di luar nikah serta mengurangi resiko seperti bunuh diri.

Seminar yang dimoderatori oleh Epifanius Solanta, S.Sos selaku Pembina Kantadius ini mendapatkan animo yang sangat tinggi dari peserta didik. Hal ini diketahui dari banyaknya pertanyaan yang diajukan oleh para siswa kepada narasumber. Vanesa, salah seorang siswa kelas X MIPA mengajukan pertanyaan perihal pasangan baik yang sudah menikah atau pun yang belum menikah kemudian melakukan hubungan seksual dan direkam atau dibuat dalam bentuk video kemudian diunggah di media sosial.

Kegiatan seminar ini kemudian diakhiri dengan pemberian kenang-kenangan dan foto bersama anggota kelompok Kantadius beserta pembina, kepala sekolah dan narasumber. Namun sebelumnya juga ada ucapan terima kasih kepada narasumber, bapak/ ibu guru dan seluruh peserta didik yang disampaikan secara langsung oleh Nelpe selaku Ketua Ekstrakurikuler Kantadius. Kemudian ditutup dengan doa penutup.

*Penulis adalah guru di SMA Bunda Hati Kudus Jakarta

Sebarkan Artikel Ini:

1
Leave a Reply

avatar
1 Discussion threads
0 Thread replies
0 Pengikut
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] Download Plan More @ https://www.depoedu.com […]