Mewujudkan Kesadaran Lingkungan melalui Kegiatan Bersih Pantai oleh Pelajar SD Sint Carolus Bengkulu

Info Sekolah
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com-Lingkungan yang bersih dan sehat merupakan salah satu aspek penting dalam menjaga kualitas hidup manusia. Menyadari akan hal ini, SD Sint Carolus Bengkulu mengambil inisiatif untuk menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

Salah satu upaya nyata dari proyek ini adalah melalui kegiatan pembersihan pada Jumat (1/9) Pantai Panjang Bengkulu dan Lapangan Merdeka Kota Bengkulu, yang melibatkan peserta didik kelas 1 hingga 6.

Mengenal Proyek P5 di SD Sint Carolus Bengkulu

Proyek P5 merupakan bagian dari pendidikan karakter yang dilaksanakan oleh SD Sint Carolus Bengkulu. Tujuannya adalah membentuk karakter peserta didik yang memiliki kesadaran akan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup.

Dengan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam tindakan nyata, peserta didik diharapkan dapat menjadi generasi penerus yang bertanggung jawab terhadap lingkungan dan masyarakat.

Baca juga : Tahun 2024 Indonesia Terancam Darurat Kekurangan Guru, Ini Penyebabnya

Kegiatan Bersih Pantai Panjang Bengkulu

Salah satu bentuk nyata dari Proyek P5 adalah kegiatan bersih-bersih Pantai Panjang Bengkulu. Kegiatan ini melibatkan peserta didik kelas 3 hingga 6, dengan tujuan untuk memberikan pemahaman kepada peserta didik mengenai pentingnya menjaga kebersihan pantai dan ekosistem laut.

Peserta didik diajak untuk berpartisipasi aktif dalam mengumpulkan sampah plastik dan sampah lainnya yang dapat merusak lingkungan laut.

Selama kegiatan, para peserta didik tidak hanya membersihkan pantai, tetapi juga diajarkan tentang dampak negatif sampah plastik terhadap ekosistem laut dan upaya yang bisa mereka lakukan untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan cara ini, mereka tidak hanya memahami nilai kebersihan, tetapi juga memahami dampak lingkungan yang dapat diakibatkan oleh tindakan manusia.

Membersihkan Lapangan Merdeka Kota Bengkulu

Selain membersihkan pantai, peserta didik kelas 1 dan 2 juga terlibat dalam kegiatan membersihkan Lapangan Merdeka di Kota Bengkulu. Kegiatan ini bertujuan untuk mengajarkan kepada peserta didik kepedulian terhadap lingkungan.

Peduli lingkungan tidak hanya terbatas pada alam, tetapi juga mencakup ruang publik di dalam kota. Peserta didik belajar untuk merawat fasilitas umum dan menjaga kebersihan lingkungan di sekitar mereka.

Dalam kegiatan ini, peserta didik diajak untuk membersihkan area lapangan, mengumpulkan sampah, dan merapikan tempat umum tersebut.

Melalui tindakan ini, mereka mengembangkan rasa tanggung jawab terhadap lingkungan kota dan memahami bahwa setiap individu dapat berkontribusi dalam menjaga keindahan dan kebersihan lingkungan di mana mereka tinggal.

Baca juga : Urgensi Pendidikan Mitigasi Bencana Bagi Anak Usia Dini (PAUD)

Menginspirasi Generasi Penerus yang Bertangung Jawab

Proyek P5 di SD Sint Carolus Bengkulu tidak hanya sekadar kegiatan fisik untuk membersihkan lingkungan. Lebih dari itu, proyek ini menciptakan kesadaran dan nilai-nilai positif dalam diri peserta didik terkait tanggung jawab terhadap lingkungan dan masyarakat.

Dengan mengaplikasikan nilai-nilai Pancasila dalam aksi nyata seperti kegiatan pembersihan pantai dan lapangan, peserta didik belajar bahwa kepedulian dan aksi konkret dapat membentuk perubahan positif dalam lingkungan sekitar.

Melalui Proyek P5 ini, SD Sint Carolus Bengkulu memberikan teladan inspiratif kepada seluruh peserta didik, orang tua, dan masyarakat sekitar.

Generasi penerus yang tumbuh dengan kesadaran dan komitmen terhadap lingkungan dan nilai-nilai Pancasila diharapkan akan memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi masyarakat dan bumi kita. Salam Tarakanita

5 2 votes
Article Rating
Sebarkan Artikel Ini:
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments