SMP-SMA Islam Plus Tahfidz Ibnu Umar, Memupuk Kreativitas Siswa melalui Kegiatan Outing Class

Info Sekolah
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com-Satuan Pendidikan SMP-SMA Islam Plus Tahfidz Ibnu Umar Boarding School menerapkan kegiatan Outing Class untuk mengajak guru  mencoba belajar di luar kelas bersama para siswa, dengan materi yang ditentukan.

Hal ini disampaikan oleh Zazhil Adhafi, Kepala SMP-SMA Ibnu Umar Boarding School, dalam wawancara dengan depoedu.com belum lama ini.

“Secara nasional kegiatan belajar di luar kelas dilaksanakan pada Kamis, 3 November, dan diikuti oleh banyak satuan pendidikan. Kegiatan dipadukan dengan kegiatan olah raga, eksplorasi alam, maupun kegiatan sosial,” jelas Zazhil Adhafi.

“Tujuan dari kegiatan Outing Class ini adalah mengajak siswa keluar dari keseharian belajar mereka di dalam kelas. Kegiatan ini juga bertujuan memupuk kreativitas, daya tahan, kerja sama antar sesama siswa,” lanjut Zazhil Adhafi.

Selain tujuan tersebut, lanjut Zazhil, dengan belajar di luar kelas, ada suasana berbeda dan baru, sehingga memberikan semangat pada para siswa dan para guru, dapat lebih luas mempraktikkan pembelajaran kontekstual.

Baca juga : Sukses Merintis Karier Lewat Pengembangan Hard Skill Dan Soft Skill

Outing Class yang dilaksanakan oleh SMP-SMA Ibnu Umar Boarding School ini juga tidak hanya melibatkan mata pelajaran olah raga saja, melainkan juga melibatkan pelajaran Al Qur’an, berupa kegiatan membaca Al Qur’an secara berkelompok.

Selain itu, kegiatan Outing juga melibatkan pelajaran Hadits, berupa kegiatan mencatat pesan Taushiyyah dari guru, serta pelajaran PKn, Adab dan Akhlak yang berupa bersih-bersih lokasi setelah kegiatan selesai.

Kegiatan Outing tahun ini diselingi dengan permainan, diikuti oleh siswa SMP-SMA Islam Plus Tahfidz Ibnu Umar Boarding School, mulai dari kelas VII, VIII, IX SMP, hinggs kelas XII SMA.

Bagi pembaca yang belum mengetahui, SMP-SMA Islam Plus Tahfidz Ibnu Umar Boarding School terletak di Jl. Haji Rean, gang Padaidi, Benda Baru, Pamulang, Tangerang Selatan, Banten. Berdiri sejak tahun 2015 dan telah meluluskan 8 angkatan.

SMP-SMA Plus Tahfidz Ibnu Umar Boarding School merupakan wadah pendidikan Islam, sesuai Qur’an dan Sunnah dengan pemahaman Ahlussunnah Wal Jama’ah.

Selain itu, pendidikan di SMP-SMA Islam Plus Tahfidz Ibnu Umar menggabungkan ilmu agama dengan ilmu umum plus Tahfidz, dalam rangka mencetak generasi shalih yang taqwa, berprestasi, dan bersaing sesuai dengan perkembangan zaman.

“Bertolak dari diferensiasi ini, sebagai Kepala Sekolah saya selalu berpesan kepada seluruh guru untuk mencurahkan hati dan pikiran dalam mendidik,” jelas Zazhil Adhafi, Sarjana lulusan LIPIA Jurusan Syariah ini.

“Para guru didorong agar tidak hanya sebagai pengajar yang masuk kelas, duduk lalu menyampaikan materi, mengadakan ujian, memberikan nilai saja, melainkan juga sebagai pendidik yang memberi nasehat, motivasi, teguran, apresiasi kepada seluruh siswa”, tegasnya.

Baca juga : Belajar Dari Sekolah Cikal Lebak Bulus Untuk Implementasi Kurikulum Merdeka

Selain itu menurut Zazhil, para guru harus mengayomi dan menyayangi siswa. Mereka harus berperan sebagai orang tua yang kedua selama di sekolah.

Dan yang paling penting, guru harus selalu meluruskan niat, mendidik para siswa karena Allah ta’ala semata. Agar apa yang para guru lakukan menjadi bermanfaat dan berkah bagi para siswa.

Oleh karena itu, sebagai Kepala Sekolah, ia pun selalu berpesan agar para siswa bertaqwa kepada Allah, berbakti kepada kedua orang tua, menghormati guru, mematuhi tata tertib yang berlaku, dan menjaga persaudaraan sesama muslim.

Di SMP-SMA Islam Plus Tahfidz Ibnu Umar Boarding School, para siswa selalu dibiasakan berbuat kebaikan, menjauhi keburukan, yang dituangkan dalam janji siswa, dan dibacakan pada setiap apel pagi.

5 6 votes
Article Rating
Sebarkan Artikel Ini:
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments