Penandatanganan MOU antara Yayasan Tarakanita dan Himeji International School, Hyogo Jepang

Info Sekolah
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com-Ketua Yayasan Tarakanita Sr. Marie Yose, CB dan Chairman Suruga Academy School Corporation Mr. Masahiko Suruga menandatangani nota kesepahaman  untuk kerja sama pada tanggal 27 Oktober 2022 di Himeji Jepang.

Penandatanganan nota kesepahaman ini membuka peluang bagi siswa sekolah menengah pertama (SMP) di bawah naungan Yayasan Tarakanita untuk melanjutkan pendidikan ke sekolah menengah atas di Jepang secara langsung.

Kerja sama ini menghubungkan sistem pendidikan menengah pertama di Indonesia dengan sistem pendidikan menengah atas di Jepang yang disebut kerjasama offshore school.

Kerja sama ini adalah inovasi baru model pendidikan Jepang-Indonesia untuk jenjang pendidikan sekolah menengah. Kerjasama ini akan memberikan kesempatan bagi siswa SMP Tarakanita di Indonesia untuk melanjutkan pendidikan SMA di Himeji International School, Hyogo Jepang.

Baca juga : Semua Alumnus Program Guru Penggerak Memiliki Peluang Menjadi Kepala Sekolah?

Selain itu, dengan melanjutkan SMA di Jepang, para siswa juga akan lebih siap melanjutkan studi di universitas terkemuka di Jepang, terutama untuk bidang teknologi dan informasi.

Namun lebih dari itu, kolaborasi ini juga memberi peluang mempersiapkan siswa menjadi pemimpin masa depan, melalui kurikulum yang mengutamakan keunggulan akademik. Siswa pun akan lebih siap berkolaborasi dengan masyarakat dunia, dan akan commited terlibat dalam upaya mengatasi issue-issue global.

Penandatanganan kerja sama ini adalah bagian dari kerja sama lanjutan kedua institusi yang sudah berlangsung sejak tahun 2013, berupa pertukaran siswa dan guru, penyelenggaraan kelas kolaboratif pada berbagai bidang studi, dan beasiswa satu tahun bagi siswa Sekolah Tarakanita untuk belajar dan tinggal di Jepang.

Dari Yayasan Tarakanita hadir Sr. Marie Yose,CB, didampingi oleh Prof. Dr. Agustinus Purna Irawan, selaku pengurus Yayasan dan Aurelius Arya Saputra, M.M, selaku Kepala Biro SDM dan kerja sama international.

Kiri-kanan:
Tarakanita staf-Himeji International School-Konsulat Jenderal RI Osaka

Sedangkan dari pihak Himeji International School, hadir Mr. Masahiko Suruga selaku chairman, didampingi oleh Prof. Tsutomo Kanayama selaku direktur Global Cooperation Suruga Academy dan Mr. Hajime Nishikawa sebagai direktur Suruga Academy.

Turut menyaksikan penandatangan MOU ini adalah Konsul Jendral Republik Indonesia (KJRI) Osaka, diwakili oleh Sri Mulatsih. Ia mengucapkan selamat dan mengapresiasi penandatanganan MOU ini.

Dalam sambutannya, Mr. Saruga menyampaikan bahwa dari waktu ke waktu kerja sama kedua institusi semakin erat yang dilandasi oleh ketulusan untuk berkolaborasi.

“Penandatanganan MOU ini dimaksudkan untuk lebih memperdalam kerjasama antara Himeji International School dengan sekolah-sekolah di bawah Yayasan Tarakanita,” jelas Mr. Suruga.

Baca juga : Di Desa Ini, TV Dan Internet Dimatikan 90 Menit Setiap Hari, Agar Warga Bisa Ngobrol

“Kerjasama ini juga dimaksudkan untuk mempersiapkan siswa dari kedua sekolah untuk siap menghadapi tantangan global dan menjadi jembatan kolaborasi antar dua negara di bidang pendidikan,” lanjutnya.

Sedangkan Sr. Marie Yose, CB dalam smbutan balasannya mengungkapkan keyakinan bahwa kerja sama mutual yang selama ini berjalan telah membawa manfaat bagi kedua institusi dan kedua negara.

“Untuk mewujudkan kolaborasi offshoreschool, Yayasan Tarakanita baru saja meresmikan gedung sekolah baru delapan lantai, dengan fasilitas lengkap di Rawamangun Jakarta Timur,” jelas Sr. Marie Yose, CB.

Kita berharap penandatanganan MOU ini sungguh mendatangkan manfaat bagi kedua institusi. Terutama dalam pengembangan mutu lulusannya pada kedua institusi pendidikan.

5 1 vote
Article Rating
Sebarkan Artikel Ini:
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
oldest
newest most voted
Inline Feedbacks
View all comments
trackback

[…] Baca juga : Penandatanganan MOU Antara Yayasan Tarakanita Dan Himeji International School, Hyogo Jepang […]