76 Tahun Indonesia Merdeka; Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh!

DEPO Topik
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com – Arti kemerdekaan di masa sekarang sangatlah penting, apalagi dengan zaman yang modern. Perjuangan yang dilakukan para pahlawan untuk meraih kemerdekaan bisa dijadikan contoh dalam kehidupan sehari-hari.

Perjuangan zaman dulu dan sekarang berbeda, tidak lagi mengangkat senjata untuk meraih kemerdekaan. Untuk mencapai sesuatu tidak hanya butuh kerja keras, tapi juga di butuhkan strategi dan pemikiran.

Kemerdekaan mengajarkan kita rela melakukan apapun untuk mencapai apa yang kita inginkan. Kita juga harus selalu menghargai jasa-jasa para pahlawan. Kita harus selalu bangkit membanggakan Indonesia dan bendera merah putih.

Bagi warga Indonesia, Agustus identik dengan kemeriahan, tetapi tidak demikian halnya dengan dua perayaan terakhir ini. Pandemi virus corona yang sudah 1,5 tahun telah mengubah segalanya. Tak ada kemeriahan dan gegap-gempita aneka lomba.

Hari ini tanggal 17 Agustus 2021 perayaan kemerdekaan juga dibatasi apalagi ketika angka harian kasus positif terpapar corona sudah berlipat-lipat jumlahnya dibanding tahun lalu. Semua akhirnya mengerem aktivitas publik ketika virus seperti ini sedang mengalami kenaikan.

Baca Juga: Bangkit Bersama Menuju Indonesia Jaya (Refleksi Kemerdekaan RI Ke-75)

Penambahan jumlah kasus positif Covid-19 membuat kita semua harus bisa menahan diri  serta adanya pembatasan aktivitas publik dan penerapan disiplin protokol kesehatan (prokes), meliputi jaga jarak, jauhi kerumunan dan sering cuci tangan.

Tema utama untuk HUT RI ke-76 Tahun 2021 sesuai yang sudah ditetapkan Presiden RI, yaitu: “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh”. Logo Kemerdekaan RI ke-76 ini merupakan visualisasi tema yang diusung tahun ini, yaitu “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh.”

Tema tersebut mendeskripsikan nilai-nilai ketangguhan, semangat pantang menyerah untuk terus maju bersama dalam menempuh jalan penuh tantangan, agar dapat mencapai masa depan yang lebih baik.

Deskripsi tersebut digambarkan dalam komposisi dinamis antar bentuk geometris yang sederhana, namun kokoh, dan dalam perpaduannya bergeliat dengan energi yang lincah. vBentuk angka ‘7’ diasosiasikan sebagai bagian dari ‘tiang pancang’ infrastruktur yang sedang dicanangkan oleh pemerintah untuk mendukung percepatan perekonomian Indonesia.

Bentuk ini melambangkan ‘kepala Garuda’ yang melambangkan Pancasila yang menjadi landasan berbangsa dan bernegara.Bentuk angka ‘6’ diasosiasikan sebagai ‘orang dan roda yang sedang bergerak’ terus maju ke depan yang melambangkan pertumbuhan dan percepatan ekonomi.

Baca Juga: Siapa Sebenarnya Pencetus Nama Indonesia Untuk Pertama Kali?

Bentuk garis sejajar antar angka 7 dan 6 diasosiasikan sebagai ‘ruang’ yang melambangkan negara memberikan ruang demokrasi kepada rakyat untuk turut berkontribusi dalam pembangunan Indonesia.

Bentuk ‘lingkaran’ merupakan bentuk sempurna yang mencerminkan harapan akan keberhasilan dari semua hal yang ingin dicapai. Bentuk ini juga dapat diasosiasikan ‘persatuan’ Indonesia.

Tujuan peringatan Kemerdekaan RI ke-76 Tahun 2021 adalah untuk terus memelihara, menumbuhkan dan menguatkan semangat gotong-royong kita sebagai landasan dasar dalam melaksanakan pembangunan dan selalu optimistis menghadapi masa depan, untuk mempercepat pulihnya bangsa kita dari pandemi Covid-19 dalam semangat “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh!”

Peringatan Hari Kemerdekaan saat ini sejatinya dapat dijadikan untuk menggalang kembali semangat kebangkitan sebagai bangsa yang tangguh dan bertumbuh. Perayaan Kemerdekaan membangkitkan semangat pembangunan termasuk juga pembangunan kesejahteraan sosial, membangkitkan semangat memperjuangkan kesejahteraan sosial bagi semua rakyat.

Dan salah satu hal yang bisa menumbuhkan rasa kebangsaan adalah bangkit dari keterpurukan, bangkit dari ketertinggalan, bangkit dari ketidakadilan, bangkit dari kemiskinan dan kebodohan dan berjalan bersama melawan badai virus korona. Dirgahayu Kemerdekaan RI memasuki usia ke 76.

Foto: suara.com

Sebarkan Artikel Ini:

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of