Mungkinkah Bisa Menjadi Seperti Maudy?

DEPO Topik
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com – Banyak orang di luar sana, menjadi terkenal justru ketika mereka berbuat onar. Keonaran mereka ternyata diganjar dengan “penghargaan”. Banyak dari pembuat onar itu justru diangkat menjadi duta. Mewakili segala macam.

Dalam pencarian daring, tentang mereka tidak sulit ditemukan. Ini bisa jadi bumerang bagi generasi muda. Bisa saja generasi muda kita berpikir, untuk menjadi hebat cukup dengan berbuat onar.

Namun ada yang sungguh berbeda. Ia seorang aktris, model, bintang iklan, aktivis, penulis dan penyanyi terkenal. Ia patut disejajarkan dengan para artis papan atas Indonesia. Ia membangun karir selebritasnya semenjak kecil. Menyusun prestasi demi prestasi hingga saat ini.

Namun Ayunda Faza Maudya, atau yang lebih kita kenal dengan panggilan Maudy Ayunda, kelahiran Jakarta, 19 Desember 1994 ini, tidak hanya dikenal karena keartisannya.

Baca Juga: Seperti Maudy Ayunda, Mengapa Perempuan Harus Berpendidikan Tinggi?

Ia, seorang seleb yang padat dengan berbagai kegiatan selebritis, namun ia tetap fokus menyelesaikan pendidikan tingginya. Lebih lagi Maudy Ayunda membuktikan dirinya menjadi lulusan terbaik, dan mendapat dobel master sekaligus diusianya yang baru 26 tahun.

Maudy Ayunda menyelesaikan pendidikan S1-nya pada Universitas Oxford, Inggris. Jurusannya pun mentreng; Politics, Philosophy and Economics (PPE), hanya dalam 3 tahun yaitu dari 2013 hingga lulus tahun 2016.

Selain itu, Maudy Ayunda juga berhasil lulus S2  di universitas bergengsi , Standford University – Inggris. Dobel gelar lagi.  Ia Berhasil menyabet Master of Business Administration (MBA) dan Master of Arts (MA) sekaligus.

Prestasi selebritas dan akademiknya tidak serta merta turun dari langit. Apalagi bersumber dari keonaran. Didikan di rumah sedari kecil lah, yang mengantar Maudy Ayunda menjadi seperti hari ini.

Kemandirian, tanggung jawab, kegemaran membaca, dan keseimbangan hidup menjadi empat nilai yang menjadi dasar tumbuh kembang Maudy Ayunda. Empat hal yang sungguh-sungguh dibentuk, tahap demi tahap oleh orang tua.

Namun bagi Maudy, kebiasaan baik yang ia warisi berkat didikan orang tuanya di rumah belum cukup.

Baca Juga: Bagaimana Orang Tua Mengantar Maudy Ayunda Meraih Segudang Prestasi?

Maudy mengatakan ada lima kunci kesuksesan yang menjadikannya memiliki segudang prestas itu, seperti dilansir oleh lifepal.co.id (31/08/2018).

Yang pertama kita perlu belajar sungguh-sungguh.

‘’Kamu bisa meraih apapun yang diinginkan asalkan bekerja keras dan bersungguh-sungguh. Seperti halnya saya, untuk memasuki universitas dan mengambil jurusan yang sulit. Saya perlu bekerja keras dan belajar dengan sungguh-sungguh,’’ ucapnya.

Yang kedua, jadi pribadi yang mandiri. Maudy Ayunda mengungkapkan bahwa kita semua sangat perlu menerapkan hidup mandiri. Karena selamanya kita tidak hidup dekat dengan keluarga.

Yang ketiga, manfaatkan waktu sebaik mungkin. Maudy Ayunda mengatakan bahwa liburan kuliah, ia memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk menekuni karir keartisannya.

“Saya tidak mau membuang waktu percuma, jadi kita sebagai anak muda harus bisa memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk berkarya selagi masih ada kesempatan,’’ ucapnya.

Keempat, berani berubah. Dia mengaku menyelesaikan pendidikan perguruan tinggi di luar negri tidaklah mudah. Menurutnya kehidupan di Indonesia dan luar negeri sangatlah berbeda, jadi kalau mau sukses yah harus berubah.

Baca Juga: Mengapa Harus Kuliah?

Kelima, berani mengambil resiko. Pilihan antara karir atau pendidikannya tentu memiliki resiko. ’’Banyak orang mengatakan, adu sayang banget nanti karirnya gimana? Nggak dapat tawaran lagi gimana? Tetapi saya tetap memilih memperjuangkan mimpiku untuk sekolah,’’ terangnya.

“Jangan terlalu memikirkan apa yang orang lain katakan kepada mu. Karena yang menentukan kesuksesanmu adalah dirimu sendiri” tutup Maudy Ayunda.

Belajar dari Maudy Ayunda, semoga kita semua lebih percaya dan yakin untuk menentukan pilihan hidup kita. Tidak ada yang terlambat. Kita bisa memulainya sekarang. Dan menurut saya sejatinya pendidikan lah jalan paling mungkin untuk mengantar kita mencapai diri yang sejati.

Foto: Instagram @maudyaayunda

0 0 votes
Article Rating
Sebarkan Artikel Ini:
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
oldest
newest most voted
Inline Feedbacks
View all comments
trackback

[…] Baca Juga: Mungkinkah Bisa Menjadi Seperti Maudy? […]