Akhiri Tahun Pelajaran 2018/2019, SDN Waiburak Gelar Pentas Seni

Info Sekolah
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com – SDN Waiburak Kecamatan Adonara Timur Kabupaten Flores Timur menggelar Pentas Seni pada hari Jumat, 14 Juni 2019 di depan halaman sekolah. Kegiatan pagelaran seni ini sudah menjadi rutinitas tahunan di SDN Waiburak Kecamatan Adonara Timur sebelum mengakhiri tahun pembelajaran. Tradisi ini dibangun dalam rangka menumbuh-kembangkan bakat, minat, dan keterampilan para siswa khususnya dalam bidang seni.

Berbagai jenis atraksi seni diperlihatkan oleh para siswa SDN Waiburak pada kesempatan tersebut. Mereka dengan percaya diri dan penuh semangat menunjukkan kebolehan mereka. Atraksi seni yang diperagakan antara lain : goyang nasi padang, tarian hedung (tarian perang), nyanyian mari paman, goyang india, dan masih banyak jenis seni serta tarian lainnya. Secara bergantian para penampil mengisi rangkaian acara sejak kegiatan dimulai pada pukul 17.00 sore hingga diakhiri pada pukul 21.00 malam.

Dalam sambutannya, Ketua Komite SDN Waiburak, Ardin Adola Tokan, S.Ag menjelaskan bahwa tuntutan Kurikulum K-13 dewasa ini mensyaratkan terdapatnya  empat kompetensi yang mesti dimiliki oleh para siswa, dan yang akan dinilai oleh para pendidik di sekolah. Keempat kompetensi tersebut adalah kompetensi Spiritual; berkaitan dengan keyakinan agama yg dianutnya, kompetensi Sosial; berkaitan dengan kemampuan berhubungan dengan sesama teman dan orang-orang sekitar,  kompetensi Pengetahuan; yang berkaitan dengan kecerdasan berpikir dan memecahkan masalah, serta kompetensi Keterampilan; yang berkaitan dengan keterampilan olah gerak tubuh dan keterampilan praktik lainnya. “Kemampuan menampilkan  berbagai atraksi seni pada pagelaran hari ini menunjukkan salah satu pencapaian siswa dalam kompetensi keterampilan tersebut”, tutur Pak Ardin Tokan saat menyampaikan sambutannya”.

Dalam sambutan singkat, Kepala SDN Waiburak, Helena Ina Tuan, S.Pd. mengatakan, “Banyak orang yang sukses di luaran sana disebabkan oleh kemampuan mereka mengetahui dan mengembangkan bakat serta talenta seni yang mereka miliki. Sebaliknya, banyak orang yang gagal atau tidak sukses karena mereka tidak mengetahui, tidak mengembangkan, atau tidak menyalurkan bakat dan talenta yang mereka miliki. Oleh karena itu, dengan digelarnya pentas seni di SDN Waiburak setiap tahun, diharapkan dapat mengantarkan bakat dan talenta yang dimiliki siswa untuk kesuksesan di masa depan mereka, “tutur Ibu Len (sapaan akrab Ibu Kepala Sekolah) saat mengakhiri sambutannya pada acara pembukaan”.

(Kamsudin Ridwan, M. Pd., Wakil Ketua Ikatan Guru Indonesia Flores Timur)

 

0 0 votes
Article Rating
Sebarkan Artikel Ini:
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments