Mengenal Aplikasi Edukasi dan Perannya untuk Kemajuan Siswa

EDU Talk
Sebarkan Artikel Ini:

Depoedu.com – Berkembang pesatnya teknologi di masa sekarang ini menggiring manusia ke dunia digital dengan banyak teknologi canggih yang dianggap lebih praktis dan membantu.

Perkembangan teknologi juga terjadi di dunia pendidikan. Hal ini dibuktikan dari banyaknya aplikasi edukasi, e-book, hingga e-learning yang banyak memanfaatkan gadget dan internet sebagai media pembelajaran

Aplikasi berasal dari kata application yaitu bentuk benda dari kata kerja to apply yang dalam bahasa Indonesia berarti pengolah.  Secara istilah, aplikasi komputer adalah suatu subkelas perangkat lunak komputer yang menggunakan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pemakai.

Contoh utama perangkat lunak aplikasi adalah program pengolah kata, lembar kerja, dan pemutar media. Sementara Program Aplikasi merupakan alat yang berupa software, yang dapat membantu untuk memudahkan pekerjaan manusia.

Baca Juga: Aplikasi ZOOM dan Perannya di Dunia Pendidikan

Teknologi juga sebagai alat untuk pemanfaatan pengetahuan dan ilmu pengetahuan. Teknologi pun memasuki berbagai bidang  dalam kehidupan manusia untuk meningkatkan efektifitas suatu produksi ataupun kegiatan untuk penggunanya.

Dunia pendidikan pun tidak luput dari integrasi  teknologi dalam rangka efektifitas dan efisiensi pembelajaran. Teknologi dalam bidang pendidikan juga harus dapat dikembangkan dengan baik demi terwujudnya kehidupan bangsa yang cerdas, yang tertuang dalam UUD 1945.

Demi bisa masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN), para siswa kelas XII akan menjadi pejuang Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Pada tahun ini, mereka masih memiliki waktu sekitar 3 bulan untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian, yang rencananya berlangsung pada 5 hingga 12 Juli 2020.

Menurut surat edaran Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Nomor 11/SE.LTMPT/2020, jenis soal yang akan diujikan pada UTBK hanya soal Tes Potensi Skolastik (TPS).

Walau ada pengurangan jenis tes yang akan diujikan, namun tidak menjadi jaminan kemudahan proses seleksi. Terutama karena TPS bukanlah soal-soal seperti ujian sekolah, melainkan soal yang membutuhkan kemampuan logika dan nalar.

Baca Juga: Peluang bagi Dunia Pendidikan di Balik Krisis Covid-19

Demi membantu para pejuang UTBK memahami soal dengan lebih baik, aplikasi edukasi Zenius Education kini membuka program “Daily Tryout UTBK” atau tryout UTBK yang bisa diikuti setiap hari.

Soal-soal Daily Tryout UTBK akan diganti setiap hari sehingga akan sangat bervariasi. Soal-soal tersebut juga telah disesuaikan dengan level soal UTBK asli. Dalam hal ini termasuk penggunaan target waktu, sehingga diharapkan siswa akan terbiasa dengan soal-soal yang akan diujikan pada UTBK sungguhan.

Menariknya, soal-soal pilihan akan dibahas dalam sesi “Live Class” oleh para tutor dan kamu bisa langsung bertanya tentang soal yang tak dimengerti melalui sesi “Live Chat“.

“Guna menjawab tantangan belajar mandiri yang diinstruksikan oleh pemerintah, kami akan terus berupaya merumuskan berbagai pendekatan terbaik supaya siswa tetap dapat fokus dan nyaman belajar di rumah dengan platform Zenius”, tutur Chief Executive Officer Zenius Education Rohan Monga dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Program Aplikasi ini kiranya  merupakan salah satu pemecahan masalah dalam dunia pendidikan, karena dapat menembus batas ruang, dan waktu. Integrasinya pun makin kuat pada masa globalisasi teknologi.

Baca Juga: Quintal, Portal Pendidikan untuk Kecepatan dan Efisiensi Kerja Guru

Dengan demikian, program aplikasi ini dapat menjadi sarana penyelenggara pendidikan di Indonesia yang memiliki berbagai pulau yang berjauhan dan terpisah-pisah. Tidak hanya itu, keragaman budaya Indonesia pun menjadi tantangan tersendiri.

Pemecahan masalah tersebut merupakan salah satu kepentingan dari teknologi pendidikan. Dari sinilah diharapkan program aplikasi pembelajaran akan lebih mempermudah pemahaman siswa dalam proses pembelajaran, sekaligus sebagai  persiapan ke jenjang berikutnya. (Foto: tirto.id)

Sebarkan Artikel Ini:

1
Leave a Reply

avatar
1 Discussion threads
0 Thread replies
0 Pengikut
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] Baca Juga : Mengenal Aplikasi Edukasi Dan Perannya Untuk Kemajuan Siswa […]